Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

5 Strategi Pemasaran Produk Minuman Kekinian Paling Tepat

5 Strategi Pemasaran Produk Minuman Kekinian Paling Tepat

Cloud Hosting Indonesia

Minuman merupakan produk F&B yang booming dan sampai saat ini memiliki minat yang tinggi. Minuman kekinian seperti kopi, boba atau minuman lainnya menjadi trend serta gaya hidup yang melekat dikalangan anak muda. Oleh karenanya di artikel kali ini kita akan membahas contoh strategi pemasaran produk minuman.

Dalam setiap contoh yang akan kita bahas terdapat pola atau alur pemasaran yang kurang lebih sama yakni mulai dari menarget pasar, menentukan produk, membuat produk yang ngangeni, branding dan terakhir promosi.

1. Look at Me Generation

Minuman kekinian merupakan jenis minuman yang menargetkan generasi muda seperti generasi milenial atau gen Z. Minuman kekinian biasanya memiliki value „Gengsi“ yang bisa kita jual kepada pembeli. Generasi milenial atau gen Z merupakan generasi dengan mental “Look at Me Generation” Dimana mereka memiliki keinginan yang kuat untuk dilihat, diperhatikan dan dipandang.

Sebagai bukti kita bisa membuka sosial media seperti instagram dan kita akan menemukan banyak update story atau foto „Narsis“. Apapun yang mereka lakukan akan dipublikasikan ke social media. Tapi seiring berjalannya waktu muncul standar “Alay” di kalangan warga Net. Oleh sebab itu mereka generasi milenial dan gen Z hanya mengupload foto yang menurut mereka keren.

Misal saja glamorisasi kerja keras. Kita generasi milenial dan gen Z banyak dituntut untuk punya ini dan itu di usia muda. Tidak heran tanpa sadar kita bangga jika bekerja terlalu keras. Misal „Lagi lembur nih!“, „Gila gue belum tidur 3 hari!“ dan sebagainya.

2. Menentukan Target Pasar Minuman Kekinian

startegi pemasaran produk minuman kekinian pertama, Ilustrasi diatas akan sedikit menggambarkan tentang target pasar dari strategi pemasaran produk minuman kekinian. Setelah kita tahu tentang target pasar secara garis besar, kita perlu mempersempit scoop target ke pasar yang lebih spesifik. Hal ini bertujuan untuk memperkecil usaha dan biaya yang harus dikeluarkan dan memperbesar presentase konversi.

„Jual apa yang laku bukan apa yang ada“. Pertaturan tersebut harus kita pegang betul sebelum menentukan target pasar ataupun produk. Jangan sampai hanya karena kalian bisa membuat boba lantas kalian memilih target pasar yang menyukai boba.

Jika itu yang kalian lakukan, mungkin saja terjadi penjualan. Tapi hal ini sangat tidak efektif karena kalian yang harus mendatangi pasar. Kita harus mengeluarkan tenaga dan biaya ekstra agar produk tersebut dapat sampai ke tangan konsumen. Seperti pada prinsip ekonomi dasar Dimana Ada Permintaan, Penawaran akan Mengikutinya. Buatlah produk yang memang diminati atau berpotensi untuk target pasar yang dapat kalian jangkau.

Sebagai contoh kita adalah mahasiswa di jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Mahasiswa DKV sangat sering begadang karena mendapat banyak tugas desain. Mahasiswa DKV rata-rata adalah laki-laki. Dari contoh ini kita bisa menyimpulkan bahwa minuman kekinian yang mungkin cocok untuk target pasar tersebut adalah Kopi dengan karakteristik yang kuat.

Akan berbeda kasusnya apabila target pasar yang bisa kita jangkau adalah mahasiswa jurusan ekonomi. Di jurusan ini mahasiswanya kebanyakan adalah perempuan. Dibanding DKV, mahasiswi di jurusan ekonomi ini lebih suka eksis di organisasi. Maka mungkin kita bisa memberikan minuman kekinian yang cocok untuk perempuan. Misal saja kebanyakan perempuan tidak bisa minum kopi karena lambungnya tidak kuat. Kita bisa membuat minuman kopi kekinian dengan rasa buah atau kopi susu yang ringan.

Baca juga: Keuntungan Menjadi Influencer

3. Membuat Produk Minuman yang Ngangenin

startegi pemasaran produk minuman kekinian 2, Minuman kekinian merupakan lifestyle baru yang diharap bisa menjadi minuman favorit. Misal saja kalau kalian pergi ke suatu cafe, kalian selalu memesan minuman yang sama, sebut saja Cappucino. Kita ingin produk kita disukai dan bahkan menjadi minuman favorit sampai dengan jika mereka gak minum 1 hari rasanya ada yang kurang.

Untuk mendapatkan hal terserbut kita harus melibatkan calon pembeli dalam pembuatan produk ini. Hal ini bertujuan untuk mengenali selera calon pembeli serta memperkenalkan brand secara tidak langsung. Untuk itu kita bisa memberikan Free Testing. Kalian bisa memberikan sample produk minuman kalian kepada orang-orang disekitar seperti saudara, teman dan lain lain. Setelahnya minta pendapat dan masukan seperti apa yang kurang atau kekurangan dari produk kalian.

Dari sini kita bisa mengumpulkan informasi dan memilah mana saran yang bisa kita implementasikan dan mana yang tidak. Ingat! Kita tidak bisa memuaskan semua orang. Jadi pilih saran yang memang dirasa paling mewakili calon pembeli. Lalu gunakan data tersebut untuk memperbaiki produk minuman kita. Ulangi langkah tersebut sampai didapat rasa yang pas dan ngangenin.

4. Memilih Kemasan

startegi pemasaran produk minuman kekinian 3, Kemasan merupakan hal yang terdengar sepele namaun kemasan merupakan unsur strategi pemasaran produk minuman yang sangat krusial. Untuk minuman kekinian tentu kita harus memberikan desain yang elegan atau setidaknya Instagramable. Kita bisa meniru kemasan minuman kopi kekinian yang berisikan kata-kata romantis, humoris, motivasi dsb.

Selain itu tentu kita juga harus mempertimbangkan unsur fungsi dan reliabilitasnya. Misal saja jika kita menargetkan mahasiswa yang sering nongkrong diluar rumah, kemasan berupa gelas plastik dengan logo dan atribut lainnya. Kemasan ini dipilih untuk menonjolkan fungsi praktis dan mudah dibawa-bawa.

Berbeda jika target pasar kita adalah pekerja kantoran yang sedang WFH. Karena mereka dirumah saja tapi ingin minuman kekinian yang bisa di serve lebih enak di gelas dengan es batu kapanpun mereka mau, kita bisa menggunakan kemasan botol plastik. Pemilihan kemasan ini bertujuan menonjolkan fungsi tahan lama dan bisa disimpan di kulkas dan dinikmati kapanpun kita mau.

Selain itu logo atau brand merupakan salah satu unsur yang penting dalam kemasan. Logo dan nama yang mudah di-ingat tapi dan memiliki makna tertentu akan lebih memorable dan tentu saja Instagramable. Sebagai contoh banyak sekali kopi kekinian dengan nama yang aneh-aneh seperti janji jiwa, janji mantan, kenangan manis dan lain sebagainya.

Baca juga: Daftar Platform Influencer Terbaik 

5. Promosi

startegi pemasaran produk minuman kekinian 4, Tahap terakhir dari strategi pemasaran produk minuman kekinan adalah promosi. Perlu digaris bawahi bahwa produk F&B masih sangat bergantug pada Social Validation. Social validation merupakan bentuk konfirmasi atas kualias suatu produk yang berasal dari review pengguna sebelumnya.

Tidak seperti produk lain misalkan produk elektronik dan fashion yang memiliki berbagai faktor pembanding seperti kualitas, bahan, ketahanan, merek, pilihan warna dan lain sebagainya. Produk F&B dalam kasus ini adalah minuman kekinian, hanya memiliki satu faktor pembanding. “Rasanya enak gak?”. Se sederhana itu. Sangat jarang muncul pertanyaan seperti sehat gak? Bahannya apa? Dibuatnya bagaimana? Tidak! Faktor utamanya adalah “Rasa”.

Dan cara untuk mevalidasi rasa minuman tersebut enak atau tidak adalah merasakan sendiri atau meminta pendapat orang lain. Sebagai bukti kita ambil contoh minuman yang sempat booming seperti es kepal milo. Bagaimana orang bisa tahu tentang minuman dengan nama es kepal milo? Ya, review, cerita dan pendapat orang-orang yang sudah pernah merasakannya.

Bisa saja kita membuat media promosi yang luar biasa bagus sampai membuat calon pembeli penasaran dan mencobanya. Tapi metode ini akan memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Cara paling mudah dan sederhana adalah dengan memberikan free testing dan menjangkau orang-orang disekitar kita.

Disinilah peran produk yang ngangenin. Mereka para free tester inilah yang nanti akan mempromosikan produk kalian secara gratis. Kita punya tradisi di masyarakat kita untuk memberi dan meminta rekomendasi terkait makanan atau minuman. Misal kalian makan disuatu tempat dan merasa makanan ditempat itu enak dan nyaman. Dikemudian hari, saat ada kesempatan, kalian akan menyampaikan ke orang disekitar kalian.

Oke sampai sini dulu untuk postingan kali ini tentang Contoh Strategi Pemasaran Produk Minuman Kekinian. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Jika kalian suka dengan artikel ini atau kalian memiliki pertanyaan tenang topik terkait, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ini!

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday