cara riset keyword potensial dengan ahrefs

Cara Riset Keyword Potensial dengan Ahrefs [Mudah]

Ahrefs merupakan salah satu tools SEO (Search Engine Optimization) paling populer di dunia. Jika kamu paham cara riset keyword potensial dengan Ahrefs, maka bisnis kamu di internet akan memiliki peluang yang tinggi untuk sukses.

Para praktisi bisnis digital, menempatkan Ahrefs sebagai tools SEO nomor satu. Selain memiliki fitur yang lengkap, Ahrefs juga cukup akurat digunakan melakukan riset. Kita bisa tahu spesifikasi situs kompetitor hingga analisa kata kunci potensial dengan tepat.

Hal Penting Saat Melakukan Research

Jangan ngasal, ketika melakukan riset keyword kamu perlu perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

1. Volume Pencarian

Volume pencarian adalah seberapa banyak kata kunci tertentu dicari atau diketikkan orang di mesin pencari Google. Ahrefs biasanya akan menampilkan kueri mereka dalam rentan waktu 1 bulan.

Misalnya, keyword “cara riset keyword” Ahrefs menampilkan data 1500/month. Artinya orang mencari kata kunci tersebut sebanyak 1500 kata dalam 1 bulan.

Kita perlu perhatikan hal ini untuk menentukan seberapa banyak kemungkinan trafik yang bisa kita dapatkan jika berhasil masuk di halaman 1 (ranking 1) Google.

2. Keyword Difficulty

Keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan atau persaingn keyword di SERP (Search Engine reuslt Page). Artinya seberapa sulit persaingan kata kunci tersebut di search engine. Ini sangat penting, karena akan menentukan seberapa mungkin kita bisa melakukan optimasi.

Semakin sulit tingkat persaingannya, maka akan semakin sulit juga melakukan optimasinya. Biasanya Ahrefs menunjukkan tingkat kesulitannya dengan kueri 1-100. Semakin besar angkanya, maka akan semakin sulit persaingannya.

Saya sendiri biasanya memilih kata kunci dengan tingkat persaingan di bawah 55. Di atas itu, kita tidak akan optimasi kata kuncinya. Artikel ini pun tidak kita targetkan untuk masuk halaman 1 Google, hanya bertujuan untuk menambahkan konten edukasi bagi pengunjung situs Kontenius saja.

3. Keyword Suggestion

Keyword Suggestion merupakan kata kunci relevan dengan kata kunci utama yang kita cari. Ahrefs pasti akan menampilkan keyword suggestion ini pada bagian tabel bawah setelah kata kunci utama. Kamu bisa gunakan keyword ini untuk optimasi penulisan artikel.

Saya sih biasanya gunakan keyword ini untuk dijadikan turunan dalam artikel atau pelengkap pembahasannya. Namun tentu pengolahannya tidak sembarangan, pilih kata kunci yang paling relate dengan kata kunci utama yang akan kita bidik.

4. Search Engine Result Page

SERP kepanjangan dari Search Engine Result Page artinya adalah halaman situs yang ditampilkan di hasil pencarian mesin telusur.

Kamu harus dan penting amati hal ini. Karena bisa jadi kueri yang ditampilkan di Ahrefs itu tidak sama dengan yang ada di SERP. Kita harus analisa seberapa mungkin web kita bisa berasing di SERP.

Kendati di Ahrefs menunjukkan keyword dificulty rendah, namun di SERP ternyata ada beberapa situs besar, maka sebaiknya urungkan niat untuk optimasi kata kunci tersebut. Karena hal ini hanya akan menambah berat beban kerja saja.

Cara Riset Keyword Potensial dengan Ahrefs

Ahrefs adalah tools SEO berbayar, untuk bisa melakukan riset kata kunci kamu harus membeli tools ini terlebih dahulu. Karena tidak ada layanan gratis riset di Ahrefs, kecuali cek backlink, itupun sangat terbatas.

1. Beli Akun Ahrefs Pro

Pertama Anda harus membeli akun Ahrefs terlebih dahulu. Jika kamu merasa berat beli akun Ahrefs untuk 1 bulan, kamu bisa coba paket trial 7 hari. Ini lebih dari cukup untuk melakukan riset keyword potensial.

Jika merasa berat, kamu bisa cari jasa trial di grup Facebook, Ads ID, Kaskus, Indimart ataupun di P-Store. Di sana banyak yang jual akun Ahrefs trial dengan harga murah.

2. Login ke Ahrefs

Kemudian kamu login ke Ahrefs dengan menggunakan akun tersebut.

  • Buka Ahrefs.com
  • Kemudian klik tombol login
  • Masukkan email dan password
  • Klik login

Kamu akan dibawa ke dashboard situs Ahrefs.

3. Analisa Kata Kunci

Setelah kamu masuk ke halaman dashboard Ahrefs, silahkan kamu lakukan analisa kata kunci. Cari kata kunci potensial di Ahrefs bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Klik pada menu keywords explorer
  • Pilih search engine yang akan kita targetkan, misalkan Google (ada di bagian atas kolom tempat ketik keyword)
  • Kemudian, ketikkan kata kunci pada kolom yang disediakan
  • Pilih negara target, misalnya Indonesia
  • Tekan tombol cari (🔎)
  • Ahrefs akan tampilkan data sesuai dengan kata kunci yang kita ketik
  • Silahkan cari kata kunci dengan volume pencarian tinggi namun dengan tingkat persaingan yang rendah
  • Maksimal SEO dificulty adalahdi Ahrefs adalah 55, jika lebih dari itu, skip saja

Nah, sampai di sini proses cara riset keyword potensial dengan Ahrefs sudah selesai. Masih kurang paham? Coba tanyakan di kolom komentar ya.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday