Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Daftar Platform Influencer Terbaik yang & Populer di Indo

Platform Influencer

Cloud Hosting Indonesia

Influencer merupakan pekerjaan yang sudah jauh ada. Influencer merupakan seseorang dengan pengaruh serta basis penggemar yang kuat. Dengan pengaruhnya influencer dapat menularkan informasi maupun trend kepada penggemarnya. Di era digital ini siapapun dapat menjadi Influencer. oleh karena itu di artikel kali ini kita akan membahas apa-apa saja platform influencer saat ini.

Perkembangan Platform Influencer

Sebelumnya media atau platform influencer sangatlah terbatas pada TV dan Koran. Namun di era digitalisasi ini banya media baru yang berkembang. Jika dulu kita harus terlahir di kelaurga artis atau harus mengikuti audisi terlebih dahulu, saat ini siapaun bisa menjadi Influencer berbekalkan media sosial dan konten yang menarik serta konsistensi.

Media sosial paling awal yakni Facebook dan Twitter yang memiliki spesialisasinya masing-masing. Disisi lain platform video seperti youtube mulai dikembangkan dan baru mulai populer di tahun 2009. Seiring peningkatan media dan infrastrukur internet yang lebih kencang, sosial media menjadi semakin digemari. Setiap platform influencer awalnya memiliki nama-nama influencernya masing-masing.

Misal saja di Facebook kita mengenal Fanspage Meme Comic Indonesia dan di Youtube awal kita kenal Reza Arap dan Miau Aug. Tapi semakin kesini semua influencer harus memiliki akun di semua media untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Misal saja Miau Aug yang menggunakan youtubenya sebagai media video game play dan akun Instagramnya sebagai media personal branding.

Macam-Macam Platform Influencer

Di era digitalisasi ini platform Influencer sangatlah beragam. Setiap platform memiliki spesialisasi dan target marketnya masing-masing. Misal saja Facebook yang merupakan platform Influencer dengan berbagai fitur salah satunya group facebook yang merupakan tempat berkumpul orang-orang dengan ketertarkan tertentu. Sedangkan Instagram lebih condong kepada foto-foto yang “look at me”.

Facebook

Facebook merupakan media sosial paling awal dan saat ini memiliki penggua 2,6 Milyar orang. Dengan berbagai fitur seperti Facebook marketplace, Fans Page dan Group, Facebook merupakan Platform Influencer yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi baru baru ini Facebook sedang gencar melakukan promosi media streaming dengan merekrut streamer streamer. Bisa dibilang Facebook memiliki ambisi yang besar untuk menjadi platform serba ada dan serba bisa.

Tidak seperti Influencer pada platform lainnya, Influencer di Facebook cenderung memberikan edukasi untuk membangun personal branding. Facebook merupakan platform influencer yang terbilang cukup professional. Orang-orang datang ke Facebook untuk mencari informasi atau juga ingin belajar sesuatu. Dengan media Group kita bisa membangun personal branding serta melakukan interaksi dua arah dengan penggemar. Lalu dengan Page, kita bisa membuat branding yang lebih kuat terhadap produk atau agensi.

Peluang pendanaan di Facebook sangatlah beragam. Kita bisa menerima endorsement atau menjual poduk kita sendiri dengan sangat mudah. Facebook sendiri sudah dilengkapi dengan fitur shop yang akan memudahkan koversi traffic to money. Selain itu Facebook juga memiliki fitur Facebook Instant Articles dimana kita bisa mendapat income dari mempublikasikan suatu artikel.

Twitter

Twitter merupakan platform influencer yang datang bersama dengan Facebook. Meski serupa, keduanya memiliki peran yang sama sekali lain. Jika di Facebook menomer satukan komunikasi masal dalam bentuk komunitas, Twitter merupakan sosial media berbeasis teks yang mengedepankan keberlanjutan suatu cerita.

Fitur unggulan dari Twitter yakni kita bisa membuat threat yang sangat panjang dengan kontribusi berbagai pihak. Selain itu banyak fitur seperti share dan retweat yang meningkatkan retensi audience. Banyak cerita viral maupun heboh di dunia maya yang berasal dari Twitter. Karena twitter merupakan platform berbeasis teks, pengguna twitter memiliki kesan “Intelektual” yang tinggi. Peluang pendanaan di Twitter yakni endorsement dan atau menjual produk kita sendiri.

Instagram

Instagram merupakan platform influencer yang mewadahi kebutuhan narsisme penggunanya. Generasi milenial merupakan generasi yang disebut “Me Generation” dimana mereka sangat peduli terhadap dirinya sendiri. Lalu Generasi selanjutnya yakni Gen Z merupakan generasi yang disebut “Me Me Me Generation”. Generasi ini bukan lagi tentang narsisme tapi juga rasa ingin dilihat dan di puji.

Instagram merupakan media sosial berbasis foto. Fitur unggulan Instagram yakni Story dan Photo Feed. Selain itu Instagram mengembangkan berbagai fitur yang menyerupai sosial media lainnya. Misal saja fitur IG TV yang merupakan fitur untuk meniru Youtube. Atau juga fitur Live dan Reels. Sama halnya dengan Facebook yang merupakan induk perusahaan dari Instagram, Instagram juga merupakan media sosial dengan tujuan yang cukup ambisius yakni untuk menjadi platform serba ada dan serba bisa. Seperti Facebook, kita bisa mendapat berbagai macam peluang pendanaan seperti endorsement atau juga menjual produk kita yang didukung dengan fitur Instagram Shop.

Tiktok

Generasi milenial dan Gen-Z merupakan generasi yang serba cepat dan serba instan. Untuk menarik perhatian generasi tersebut, suatu video harus menarik setidaknya dalam 15 detik pertama. Tiktok merupaka platform infuencer berbasis video pendek. Semakin pendek suatu video maka kita dituntut untuk semakin kreatif dalam membuat konten sehingga pesan dapat tersampaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Tiktok juga merupakan media yang di desain untuk membangun adiksi terhadap penggunanya. Karena berbentuk video singkat, pengguna tidak merasa cepat bosan. Dan lagi hits of dopamine yang didapatkan dengan mudah dari scroll merupakan bentuk adiksi yang sangat kuat. Tiktok ini sangat cocok untuk menjadi media pelepas penat setelah seharian bekerja. Sama dengan sosial media lainnya, Tiktok memiliki peluang pendanaan berupa endorsement dan atau penjualan produk kita sendiri.

Youtube

Youtube merupkan platform influencer berbasi video pertama dengan komitmen kemitraan terhadap Influencerya atau lebih dikenal dengan istilah Youtuber. Sebagai media berbentuk video, amat banyak potensi genre video yang dapat kita pilih. Mulai yang edukatif sampai dengan yang entertaining. Tidak seperti media sosial lain yang berbasis teks dan foto, Kita bisa membangun personal branding dengan lebih baik dalam bentuk Video.

Orang-orang akan lebih mengenal kita dengan visualisasi dan audio kita. Selain video biasa, Youtube juga memiliki berbagai macam fitur seperti Live streaming dan Youtube Shorts. Fitur live streaming merupakan media interaksi dua arah dengan build in live chat. Sedangkan fitur Yotube Shorts merupakan copy cat dari TikTok yakni untuk menarik pengguna atau target audience serupa.

Tidak seperti platform lain, youtube merupakan media pertama yang memperlakukan influencernya sebagai mitra. Baisanya peluang pendanaan utama datang dari Google Adsense atau iklan yang ditampilkan pada video kita. Selain itu kita juga dapat melakukan sponshorship dengan brand atau produk tertentu. Tidak hanya itu, kita juga dapat menjual merch atau produk kita sendiri. Terakhir kita bisa mendapat donasi atau saweran saat melakukan live streaming.

Platform Streaming

Selain Youtube, Masih banyak platform siaran langsung atau platform live streaming. Platform ini biasanya mengutamakan interaksi antara pengguna dengan Influencernya. Misal saja twitch yang merupakan platform live streaming yang cukup populer. Di platform ini biasanya pengguna dapat memberi gift kepada streamer dan gift tersebut akan dibagi hasil oleh pihak twitch dan streamernya.

Baik saya rasa sekian untuk artikel platform influencer kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika kalian suka dengan artikel ini atau kalian memiliki pertanyaan tentang topik terkait, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday