Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

14 Cara Membuat Artikel Berita Paling Lengkap dan Mudah

Cara Membuat Artikel Berita

Cloud Hosting Indonesia

Membuat artikel berita adalah hal yang sangat berbeda dengan menulis artikel populer atau artikel pada umumnya. Hal tersebut dikarenakan artikel berita menyampaikan informasi spesifik terkait suatu kejadian. Sangat penting bagi penulis untuk dapat menyampaikan informasi tersebut tanpa terjadi distorsi informasi. Oleh karena itu di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat artikel berita yang baik dan benar.

Perencanaan Artikel

Cara Membuat Artikel Berita

Sebelum masuk lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat artikel berita, lebih dahulu kita harus mempersiapkan perencanaan artikel berita agar tidak mengalami banyak distorsi informasi.

1. Riset topik

Hal pertama yang harus kita lakukan yakni melakukan riset. Riset topik bertujuan untuk menentukan topik yang akan dibahas. Kita dapat menggunakan 5W1H untuk menentukan topik.

  • Siapa – siapa yang terlibat?
  • Apa – apa yang terjadi
  • Dimana – dimana kejadian tersebut berlangsung?
  • Kenapa – kenapa hal tersebut dapat terjadi?
  • Kapan – kapan waktu kejadian?
  • Bagaimana – bagaimana hal tersebut terjadi?

Dengan menggunakan 6 pertanyaan tersebut kalian dapat menemukan topik yang akan ditulis. Selain itu kita juga dapat memfokuskan 1 pertanyaan yang kita jadikan sebagai topik utama sesuai hal yang kita bahas.

2. Mengkategorikan informasi

Banyaknya informasi yang tidak teratur akan membuat pembaca bingung dan terjadi di distorsi informasi yang sangat berbahaya. Hal pertama yang harus kita lakukan yakni membedakan informasi ke dalam tiga macam kategori.

Kategori pertama yaitu informasi vital atau penting yang harus ada di dalam artikel.
Kategori ini biasanya berupa informasi apa yang terjadi.

Kategori kedua yaitu informasi pendukung yang dapat memperkuat atau memperjelas informasi pertama. Kategori kedua ini biasanya berisikan informasi tentang bagaimana, kapan, siapa dan mengapa kejadian tersebut terjadi.

Terakhir yakni kategori ketiga yang berisikan informasi yang berkaitan tapi tidak begitu penting dan relevan. Kategori ketiga ini biasanya berisikan pendapat ataupun gagasan dari suatu pihak.

Di bahasa Indonesia sendiri Kita mengetahui bahwasannya terdapat dua jenis paragraf yakni paragraf deduktif dan paragraf induktif. Pada paragraf deduktif penulis akan menggunakan pola dasar umum ke khusus dimana kalimat utama atau ide pokok dari paragraf tersebut terletak pada ada awal paragraf. Kalimat deduktif diawali dengan kalimat memicu, kemudian nantinya dilanjutkan oleh kalimat-kalimat selanjutnya yang berupa informasi pendukung.

Sedangkan paragraf induktif memiliki pola khusus ke umum di mana kalimat utama atau ide pokok dari paragraf tersebut terletak pada akhir paragraf. Paragraf induktif sendiri diawali dengan kumpulan uraian-uraian informasi yang diakhiri dengan kesimpulan. Kita dapat memanfaatkan jenis paragraf tersebut untuk menunjukkan prioritas informasi.

3. Membuat kerangka artikel

Kerangka artikel berita merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya Miss informasi. Itu kerangka artikel ini juga berfungsi sebagai bentuk narasi penulis kepada pembaca. Setiap jenis berita memiliki cara penyampaian narasi yang berbeda-beda. Tersebut sangat mempengaruhi minat baca dari visitor.

Sebagai contoh dalam suatu peristiwa kecelakaan pembaca lebih tertarik untuk mengetahui bagaimana dan mengapa kejadian tersebut dapat terjadi. Sedangkan di berita tentang pernikahan artis pembaca akan lebih tertarik untuk mengetahui siapa, kapan dan bagaimana kegiatan tersebut akan terlaksana. Kalian dapat membuat kerangka artikel berita kalian dengan prioritas informasi yang sudah kita bahas di poin sebelumnya.

4. Memahami audience

Untuk membuat artikel berita yang baik kita harus mengetahui secara pasti siapa calon audiens yang akan membaca artikel tersebut. Dengan mengetahui dan memahami audience kita dapat memutuskan bagaimana artikel tersebut akan dinarasikan.

5. Memilih sudut pandang

Sudut pandang dari seorang penulis akan sangat mempengaruhi keberpihakan. Tentu sebagai penulis kita dituntut untuk netral dan menyampaikan informasi apa adanya. Namun ada kalanya meletakkan diri dari satu sisi dapat memberikan perspektif yang sangat bagus. Sebagai contoh bila kita sedang membuat berita tentang korupsi, baca akan merasa lebih jika kita meletakkan diri dari sudut pandang masyarakat.

6. Mencari informasi

Setelah menentukan topik dan membuat kerangka artikel berita selanjutnya hal yang harus kita lakukan yakni mengumpulkan informasi. Kita dapat menemukan informasi dari berbagai macam sumber. Kita dapat melakukan wawancara secara langsung maupun mengutip dari media mainstream seperti YouTube atau website berita lainnya.

Membuat Artikel Berita

Cara Membuat Artikel Berita

1. Membuat kata pengantar yang kuat

Menulis kata pengantar yang kuat dalam membuat artikel berita sangatlah penting. Hal tersebut akan menentukan apakah audience akan terus membaca atau berhenti di paragraf pertama.

Kata pengantar harus terdiri dari 1 kalimat yang sederhana tapi kompleks juga mencakup keseluruhan artikel. Pastikan pembaca tahu dan memahami tentang apa yang kita bahas di artikel tersebut.

2. Memasukkan Informasi penting

Di perencanaan artikel kita sudah membahas tentang pengkategorian informasi. Pengkategorian informasi tadi dapat kita gunakan untuk memberikan prioritas detail-detail penting dari suatu informasi. Kalian harus membuat daftar informasi yang harus sampai hai ke pembaca.

3. Memberikan informasi tambahan

Setelah memasukkan informasi utama kita dapat menambahkan informasi tambahan. Informasi tambahan ini bisa berupa pernyataan atau opini dari pihak terkait.

4. Memberikan kesimpulan

Setelah menuliskan informasi utama dan informasi tambahan akhiri dengan kesimpulan. Kesimpulan ini harus dapat merepresentasikan artikel secara keseluruhan. Selain itu kesimpulan ini juga dapat menjadi bentuk opini dari pihak penulis.

Validasi Kebenaran

Cara Membuat Artikel Berita

1. Memastikan fakta sebelum dipublikasi

Artikel berita seringkali mengandung informasi yang bersifat sensitif karena menyangkut banyak pihak. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pastikan untuk memastikan fakta sebelum dipublikasi. Jika terdapat informasi yang tidak benar maka penulis dapat dituntut oleh pihak terkait.

Pastikan juga untuk mencantumkan sumber referensi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Membandingkan kerangka dengan hasil

Sebelumnya kita sudah membuat kerangka artikel. Setelah selesai membuat artikel berita kita perlu untuk membandingkan artikel yang sudah kita tulis dengan kerangka yang kita buat di awal. Seringkali dalam prosesnya artikel dapat melenceng jauh dari yang kita rencanakan. Perbandingan kerangka dengan hasil ini bertujuan untuk menghindari distorsi informasi yang tidak diinginkan.

3. Memeriksa kesalahan penulisan

Kesalahan seperti typo atau kesalahan pengetikan merupakan hal yang sudah biasa dan sering terjadi dalam dunia content writing. Memastikan kembali kesalahan penulisan merupakan suatu yang harus dilakukan untuk menjaga kesan profesionalitas seorang jurnalis.

4. Minta saran dari pihak ketiga atau editor

Terakhir yakni kita perlu meminta pihak ketiga atau atau editor untuk memberikan pendapat. Hal ini sangat penting dikarenakan apa yang kita anggap benar belum tentu benar dimata orang lain. Seperti halnya pada penilaian diri, kita dapat menilai kekurangan diri kita sendiri secara objektif.

Tadi artikel bagaimana cara membuat artikel berita yang baik dan benar. Semoga artikel kali ini bermanfaat! jika kalian suka artikel ini atau punya pertanyaan terkait, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday