Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

7 Cara Jualan Online di Shopee Tanpa Modal & Stok Barang

Cara Jualan Online di Shopee Tanpa Modal

Cloud Hosting Indonesia

Bagaimana sih cara jualan online di shopee tanpa modal? Apakah bisa? Ini adalah pertanyaan kebanyakan orang saat PPKM seperti sekarang ini. Keuangan yang tidak stabil membuat banyak orang mencari berbagai macacm peluang untnuk tetap bisa bertahan hidup.

Jika kamu merupakan salah satu orang yang punya pertanyaan itu, maka kamu berkunjung pada halaman situs yang tepat. Di sini saya akan jelaskan bagaimana langkah-langkah cara berjualan online di shopee tanpa menggunakan modal sama sekali.

Jualan Online di Shopee Tanpa Modal (Modal Dengkul)

ara jualan online di shopee tanpa modal

Istilah tanpa modal mungkin terdengar berlebihan. Nyatanya kita masih harus mengeluarkan modal berupa tenaga waktu dan pikiran. Selain itu kita juga perlu menyisihkan beberapa uang kita untuk mendapatkan akses internet.

Jadi apakah bisa kita jualan online di shopee tanpa modal? Jawabannya iya dan tidak. Untuk melakukan jual beli tanpa modal terdapat sebuah metode yang sebenarnya cukup lama ada. Dulu kita mengenalnya dengan istilah makelar yang sekarang lebih populer dengan nama dropship.

Cara kerjanya cukup sederhana. Kita perlu memiliki relasi penjual atau dapat kita sebut supplier. Supplier ini adalah orang atau perusahaan yang produknya akan kita promosikan. Kita bisa mendapatkan foto gambar produk tersebut beserta deskripsi lengkapnya untuk kita jual kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Alurnya kurang lebih adalah sebagai berikut :

Kita membuat toko online dan memasarkan produk dengan harga yang sudah di markup > customer memesan kepada kita > kita memesan kepada supplier berdasarkan pesanan customer > supplier akan mengirimkan barang ke customer dan resi pengiriman ke kita > setelah barang sampai di tangan customer mereka akan mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima dan uang yang ditahan di shopee akan masuk ke rekening kita.

Dari skema di atas kita dapat menemukan sebuah kendala untuk dapat berjualan tanpa modal. Kendala tersebut yakni sistem rekber atau rekening bersama. Sistem rekening bersama adalah sistem dimana marketplace atau shopee akan menahan uang dari customer sampai dengan transaksi selesai. Dengan demikian uang dari customer tidak bisa langsung kita bayarkan ke supplier.

Untuk mengatasi masalah tersebut ada dua cara. Yang pertama kita harus menyediakan modal untuk membayar supplier sampai dengan transaksi dengan customer selesai. Opsi kedua yakni kita harus mencari supplier yang bersedia untuk menerima pembayaran di akhir. Opsi kedua ini cukup sulit karena tidak banyak supplier yang bersedia untuk mengirimkan barang sebelum menerima pembayaran.

Kedua opsi tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Opsi pertama memiliki kelebihan lebih mudah dilakukan karena kebanyakan supplier meminta pembayaran di awal. Kekurangan dari opsi ini yakni kita harus menyediakan modal awal. Meskipun demikian kita tidak perlu mengeluarkan banyak modal karena modal tersebut akan langsung digunakan setelah transaksi masuk sehingga perputaran uang menjadi lebih cepat.

Opsi kedua memiliki kelebihan dimana kita tidak perlu mengeluarkan modal sedikit pun. Kita hanya perlu mengeluarkan modal untuk biaya internet serta tenaga waktu dan pikiran kita. Kekurangan dari opsi kedua ini adalah sulitnya mencari supplier yang bersedia untuk dibayar di belakang. Kalian bisa memilih atau memutuskan untuk menggunakan opsi yang mana.

Baca juga: Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace

Menarget Pasar

cara jualan online di shopee tanpa modal

Sebelum memulai untuk membuat akun di shopee ataupun mencari supplier, pertama-tama kita harus terlebih dahulu mengetahui pasar mana yang akan kita bidik. Pastikan kita menjual barang yang memang dibutuhkan di pasar. Jangan sampai kita mengeluarkan waktu tenaga dan pikiran serta uang di tempat yang salah.

Kita tahu bahwasanya shopee identik dengan barang fashion serta gratis ongkir nya. Kali ini kita akan menggunakan pendekatan studi kasus untuk memahami cara menarget pasar.

1. Trend

Trend merupakan sesuatu yang sedang booming atau sedang hits di masa itu. Kita akan mengambil pakaian islami sebagai contoh. Sebelum pademi kita tahu bahwasanya trend untuk baju muslim terutama wanita adalah baju yang panjang dan berlapis-lapis. Tapi di masa pandemi ini, style tersebut tidak lagi relevan.

Logikanya adalah untuk apa mereka menggunakan baju yang berlapis-lapis jika hanya di dalam rumah saja. Lalu muncullah sebuah tren baju muslim baru yakni baju tidur syar’i. Style ini terinspirasi dari kebiasaan selama masa pandemi untuk di rumah aja. Selain nyaman style ini juga masih pantas untuk ditampilkan melalui online meeting. Kalian harus jeli untuk dapat mengenali tren tersebut.

2. Permintaan pasar

Setelah kita mengetahui tren saat ini, kita perlu mengetahui permintaan pasar secara lebih spesifik. Misalkan motif apa yang lebih digemari, model atau tipe apa yang lebih banyak peminatnya.

kita dapat mengetahui permintaan pasar ini dengan beberapa metode. Contoh kalian bisa menggunakan fitur search atau penelusuran shopee itu sendiri. Kalian bisa melihat penelusuran yang paling populer saat itu.

Kalian juga bisa melihat penjual lain. Produk apa yang paling laku di toko mereka. Bukan berarti kita mencuri pasar mereka. Tapi memang seperti itulah cara kerja ekonomi.

Persaingan dalam jual beli adalah suatu hal yang wajar. Semakin murah semakin, bagus, semakin inovatif suatu bisnis maka akan menjadi lebih baik. Hal tersebut juga akan mendorong bisnis yang lain untuk ikut berinovasi sehingga terus berkembang.

3. Kompetitor

Kompetitor atau pesaing adalah sebutan untuk pelaku usaha dengan model bisnis atau barang yang serupa. Ingat “serupa”, Bukan “sama”. Contoh kamu berjualan hijab syar’i di sisi lain ada saya yang berjualan hijab stylish. Meskipun keduanya adalah produk yang tidak sama tapi keduanya sama-sama memiliki target pasar serupa. Yang artinya produk saya bisa menjadi alternatif pilihan dari produk kalian.

Jika kalian baru memulai toko online sebaiknya pilih produk yang persaingannya rendah dengan permintaan yang cukup. Sebagai contoh sekarang sedang trend baju tidur syar’i. Kalian tidak harus berjualan satu hal yang sama dengan persaingan yang tinggi. Kalian dapat menggunakan produk serupa yang memiliki persaingan lebih rendah.

Dengan menggunakan tiga kriteria tersebut kalian dapat memutuskan target pasar mana yang ingin kalian ambil. Sebagai contoh saya ingin menargetkan pasar fashion pria. Lebih spesifik lagi baju santai tapi stylish. Target pasarnya adalah pria usia 18 sampai dengan 25 tahun. Pasar tersebut saya memilih produk seperti kaos polos, topi polos, jeans, celana santai, sepatu flat, jam tangan dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online di Instagram

Mencari Supplier

cara jualan online di shopee tanpa modal

Seperti yang kita bahas sebelumnya, kita perlu untuk menemukan supplier yang bersedia untuk menerima program dropship. Jangan sampai kita asal dropship tanpa izin dari supplier. Hal ini dapat berakibat fatal apabila terdapat kendala dalam proses transaksi.

Selain itu dengan meminta izin terlebih dahulu kita dapat bekerjasama dengan cara supplier mengirimkan barang atas nama toko kita. lalu kita juga bisa meminta nomor resi dengan lebih jelas.

Jika kita tidak meminta izin untuk dropship bisa jadi kita dropship dari dropshipper juga yang nantinya akan menimbulkan masalah pada nomer resi. Adapun beberapa kriteria untuk mencari supplier sebagai berikut :

1. Terpercaya

Di dunia digital ini kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting. Kita harus sangat berhati-hati dalam memilih calon supplier untuk memastikan kita tidak mengalami kerugian.

2. Produk berkualitas

Produk yang berkualitas merupakan sebuah tolak ukur yang sangat penting dalam bisnis online. Kita tahu bahwa pembeli selalu meninggalkan review setelah transaksi selesai.

Dengan produk yang berkualitas kita dapat menerima review yang positif sehingga calon customer berikutnya dapat membaca review tersebut dan lebih percaya serta yakin untuk membeli produk kita.


3. Harga yang bersaing

Harga yang bersaing perlu kita pertimbangkan. Sebagai dropshipper kita mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang kita mark up atau naikkan. Tentunya calon pembeli akan memilih produk dengan harga yang lebih murah. Pastikan kalian memeriksa harga pasar terlebih dahulu sebelum memilih supplier untuk menentukan harga jual.

4. Responsif

Responsif atau respon yang bagus merupakan komponen yang cukup penting dalam memilih supplier. Apabila ada kendala ataupun kita perlu menanyakan lebih detail tentang produk tersebut kita akan sering menghubungi supplier kita.

Dengan kriteria tersebut kalian bisa mencoba untuk mencari calon supplier sesuai target pasar kalian. Untuk mencari supplier saya menyarankan untuk tidak mencari di marketplace yang sama. Andai kita mencari supplier di tempat yang sama yaitu shopee. Saat terjadi pembelian bisa jadi nanti akan ada masalah resi ganda yang membuat kamu tidak dapat menginput resi yang sama dengan milik supplier dan membuat transaksi kamu tidak dapat terselesaikan.

Untuk mencari supplier kalian dapat mencoba mencari di marketplace lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya. Selain itu ada juga beberapa online shop yang membuka program dropship dan memang mencari dropshipper. Kalian bisa mencari di Google dengan kata kunci “Dropship (Nama Barang) (Lokasi)” contoh : “Dropship Sepatu Surabaya”. Setelah itu pastikan kalian membangun hubungan yang baik dengan supplier kalian untuk kerjasama jangka panjang.

Membuat Toko Online di Shopee

cara jualan online di shopee tanpa modal

Untuk jualan online di shopee tanpa modal, terlebih dahulu kita perlu membuat akun seller di shopee. Adapun langkah-langkah untuk membuat akun seller di shopee adalah sebagai berikut :

  1. Buka shopee dan klik daftar
  2. Lengkapi formulir pendaftaran dengan data diri kalian. Juga dapat menggunakan opsi login melalui Google atau Facebook
  3. Selanjutnya buka https://seller.shopee.co.id mungkin kalian akan diminta untuk login kembali
  4. Setelah login untuk pertama kalinya di seller shopee kalian akan diminta untuk melengkapi data toko. Lengkapi data toko seperti nama foto dan deskripsi toko kalian
  5. Selanjutnya kalian harus menentukan lokasi toko kalian. Pilih lokasi sesuai dengan asal supplier kalian
  6. Selanjutnya kalian harus memilih jasa ekspedisi. Pastikan kalian memilih jasa ekspedisi yang tersedia oleh supplier kalian
  7. Terakhir kalian sudah dapat menambahkan produk untuk ditampilkan

Baca juga: Cara Jualan Diamond FF Tanpa Modal

Dengan menyelesaikan proses pendaftaran dan melengkapi data toko di atas kalian sudah berhasil membuat toko online di shopee. Tapi kamu juga bisa melakukan verifikasi KTP dan nomor rekening untuk dapat menggunakan fitur shopee secara lebih lengkap. Jika kamu tidak melakukan verifikasi KTP dan nomor rekening, kamu akan mendapatkan banyak limitasi atau pembatasan. Seperti kalian hanya bisa mengupload 100 produk saja.

Terakhir kalian tinggal menunggu sampai ada ada order atau transaksi yang masuk.

Tips Jualan Online di Shopee Tanpa Modal

cara jualan online di shopee tanpa modal

Adapun beberapa tips agar toko online kalian dapat berkembang adalah sebagai berikut.

  1. Cari pembeli pertama dan pastikan mereka puas dengan produk serta layanan kalian
  2. Minta mereka untuk meninggalkan review yang bagus
  3. Selalu jawab dengan cepat dan tepat saat calon customer maupun pembeli bertanya
  4. Bersikap ramah dan memperlakukan calon customer dengan baik
  5. Gunakan metode persuasi dan tawarkan produk serupa saat calon customer bertanya-tanya
  6. Jangan ragu untuk beriklan

Oke sekian untuk artikel kali ini tentang 7 cara jualan Online di Shopee tanpa modal & stok barang. Semoga artikel kali ini bermanfaat! Jika kalian suka dengan artikel ini atau kalian memiliki pertanyaan silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini!

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday