Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

12 Jenis Jenis Artikel: Pengertian, Struktur & Ciri Lengkap

jenis jenis artikel

Cloud Hosting Indonesia

Tahukah kamu bahwa jenis jenis artikel itu ada banyak lho. Bahkan dilihat dari isi dan tujuan pembuatannya artikel terbagi ke dalam beberapa macam. Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah, biasanya dalam pelajaran bahasa Indonesia dibahas beberapa jenis artikel termasuk pengertian, struktur hingga ciri dan contohnya.

Buat kamu yang masih belum mudeng (belum paham) penjelasan dari buku atau referensi lain, tulisan saya ini mungkin bisa jadi referensi lengkap untuk kamu baca.

Di sini akan coba jelaskan secara mendalam jenis-jenis artikel hingga struktur, ciri dan juga contohnya semampu saya YA. Jika kamu masih  pelajar, tulisan saya ini pasti bermanfaat banget apalagi sama siswa/siswi yang memang doyan nyontek.

Pengertian Artikel Adalah:

Memulai pembahasan, kita bahas mulai dari pengertiannya dulu.

Secara bahasa, artikel diartikan sebagai sebuah karangan pendek tentang suat hal baik berupa fakta ataupun opini dengan tujuan tertentu. Artikel ini bisa dimuat di media online seperti blog dan website ataupun di media elektronik seperti Koran, Majalah ataupun lainnya.

1. Pengertian Artikel Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artikel adalah sebuah karangan pendek yang ditulis secara terstruktur lengkap. Seperti karya tulis lengkap, laporan berita, esai, surat kabar ataupun yang lainnya.

2. Menurut Wikipedia

Sedangkan menurut Wikipedia Ensiklopedia Bahasa Indonesia Bebas, artikel merupakan karangan faktual yang lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk diterbitkan di media online atau cetak dan bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik dan menghibur pembacanya.  

3. Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Menurut para ahli, artikel adalah:

  1. Menurut Andi Baso Mappatato: Artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tak tentu
  2. Menurut Rillan E Wolseley : Artikel merupakan sebuah karang tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dan bertujuan untuk menyampaikan fakta atau opini dengan maksud mendidik, menghibur dan meyakinkan pembaca
  3. Menurut Penguin English Student Dictionary: Artikel adalah sebuah karangan yang tertulis untuk dipublikasikan dalam media berita atau cetak seperti Majalah, Koran ataupun lainnya
  4. Menurut Webster’s Collegiate Thesaurus: Artikel adalah sebuah karangan, kritikan, catatan, reportase, manifes, pelajaran ataupun lainnya
  5. Menurut Webster’s New World Dictionary:artikelmerupakan karya tulis nonfiksi yang pada umumnya ditulis secara singkat dan lengkap.
  6. Menurut Longman Pitman Office Dictionary: Artikel adalah sebuah prosa nonfiksi dengan bentuk yang biasa dan merupakan bagian dari Koran, Majalah serta media cetak lainnya
  7. Menurut Essentioan Egnlish Dictionary: Artikel merupakan tulisan lengkap di dalam surat kabar, Koran, Majalah ataupun media cetak lainnya
  8. Menurut The America Desk Dictionary: Artikel merupakan bagian dari tulisan nonfiksi dengan bentuk bebas
  9. Menurut Al-Aqli: Artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis oleh seseorang paham disiplin ilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas dan tuntas sehingga pembaca dapat menemukan inti bahasan dalam artikel
  10. Menurut Sumardiria: Artikel adalah sebuah karya tulis lepas yang berisi sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui dengan baik tentang sebuah masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi dan meyakinkan pembaca

Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Isinya

Seperti yang yang saya sebutkan di awal, bahwa artikel ini memiliki beberapa macam. Baik dilihat dari isi ataupun tujuan pembuatannya. Dilihat dari isinya, jenis jenis artikel dapat dibedakan sebagai berikut:

1. Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah artikel yang dibuat dari hasil penelitian ataupun kajian ilmiah yang dilakukan melalui serangkaian prosedur penelitian. Artikel ilmiah bersifat fakta dan dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Artikel ilmiah ditulis dengan menggunakan bahasa ilmiah yang oleh sebagian orang kadang sulit untuk dapat dipahami secara langsung.

Istilah-istilah ilmiah pun disematkan dalam penulisannya. Walau begitu, artikel ilmiah tidak ditulis dengan bahasa baku sepenuhnya. Bahasa dalam artikel ilmiah ditulis dengan bahasa yang lebih ringan.  

2. Artikel Opini

Artikel opini bisa juga disebut sebagai artikel argumentasi karena isinya adalah tulisan pendapat penulis akan objek tertentu. Pendapat yang ditulis ini bisa berupa pendapat setuju ataupun tidak setuju. Namun dalam penulisannya, artikel opini juga harus memperhatikan hal-hal tertentu, jangan sampai menggiring opini yang tidak benar.

Artikel opini harus ditulis berdasarkan fakta-fakta. Karena jika tidak bisa menimbulkan isu SARA yang tidak benar dan bisa menimbulkan kericuhan di masyarakat.

Lebih parah lagi, jika artikel opini ditulis tidak berdasarkan fakta akan bisa menimbulkan konflik nasional bahkan internasional.

3. Artikel Review

Artikel review adalah artikel yang mengulas produk ataupun jasa tertentu dari berbagai sisi. Mulai dari produsen, spesifikasi produk, bahan, ukuran, harga, kelebihan, kekurangan dan hal lain terkait produk atau jasa yang di review.

Artikel review dibuat untuk bahan pertimbangan dan bahan bahan kajian ketika seseorang akan membeli atau memakai sebuah produk dan jasa tertentu. Sehingga mereka bisa memilih produk atau jasa terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. 

Dari hal ini, maka artikel review harus dibuat dengan benar dan harus berdasarkan fakta dan data lengkap yang benar dan valid. Karena akan jadi bahan acuan orang yang akan menggunakan atau membeli produk dan jasa tertentu.

4. Artikel Tutorial

Artikel tutorial merupakan sebuah artikel yang berisi panduan dan langkah-langkah cara melakukan sesuatu hal. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah atau membantu pembaca mengerjakan sesuatu hal yang belum paham untuk dikerjakannya.

Artikel ini harus ditulis oleh orang yang sudah paham akan hal tersebut. Karena kebenarannya sangat dipertaruhkan. Jika tidak sesuai, maka tutorial yang ditulisnya tidak bisa menjadi tutorial yang baik dan benar (SALAH).

Artikel tutorial ditulis dengan format khusus. Biasanya disebutkan langkah dan tahapannya. Sehingga pembaca akan dengan mudah setiap tahapan yang harus dilakukannya.

Jenis Jenis Artikel Berdasarkan Tujuannya

Sedangkan menurut tujuan pembuatannya, jenis jenis artikel artikel terbagi menjadi 8, yaitu:

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah artikel yang ditulis berdasarkan hasil pengamatan secara langsung dan dituangkan ke dalam tulisan secara lengkap. Sehingga pembaca akan dapat memahaminya dengan mudah. Dalam artikel deskripsi, masalah dijabarkan secara jelas sehingga dapat memberikan gambaran nyata. Sehingga pembaca dapat membayangkannya secara nyata.

Artikel deskripsi ini lebih mudah dan lebih bagus ditulis secara deduktif (dari umum ke khusus. Pada paragraf pembuka, penulis bisa memasukkan pengenalan masalah kemudian pembahasan berangsur menyempit dan terfokus pada pembahasan sebenarnya.

Topik atau masalah yang ditulis akan dapat teruraikan secara lengkap dan detail. Sehingga pembaca dapat mengambil kesimpulan dan bisa paham isi dari artikel yang ditulis dengan mudah.

2. Artikel Narasi

Artikel narasi merupakan sebuah artikel yang menyampaikan sesuatu hal dalam bentuk rangkaian peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu. Artikel narasi bisa disebut juga sebagai artikel cerita. Karena peran tokoh dan kejelasan peristiwa dalam artikel ini menjadi unsur penting.

Artikel narasi ini dapat menguraikan suat kejadian atau peristiwa dengan baik, sehingga tidak heran jika artikel ini lebih banyak digunakan untuk menulis artikel fiksi. Walau ada banyak juga artikel nonfiksi yang ditulis dengan menggunakan artikel narasi, seperti biografi contohnya.

Struktur artikel narasi ini terdiri dari 3 bagian penting, yaitu:

  • Orientasi atau pengenalan
  • Komplikasi atau kemunculan konflik (masalah)
  • Penyelesaian masalah

Pada bagian orientasi akan menjelaskan tentang siapa objek yang akan dibahas beserta latar belakangnya. Pada bagian diisi dengan mengulik sisi lain dari tokoh yang dibahas. Sisi lain yang dimaksud adalah sisi di mana masih jarang sekali orang yang mengetahui hal tersebut.

Kemudian pada bagian komplikasi, barulah dimunculkan masalah yang dialami oleh si tokoh yang ada dalam cerita artikel. Konflik atau masalah ini harus disertai dengan penyelesaian akhir yang menjadi akhir dari artikel narasinya.

3. Artikel Eksposisi

Jenis jenis artikel selanjutnya adalah artikel eksposisi. Artikel eksposisi merupakan artikel argumentasi atas sesuatu hal baik untuk mendukung ataupun membantah hal tersebut. Argumen ini disertai dengan data pendukung yang menjadi bukti kuat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan pembaca.

Dalam artikel eksposisi, akan ditemukan beberapa alasan terkait suat hal yang menjadi bantahan ataupun dukungannya yang dijelaskan dengan dukungan fakta dan teori tertentu yang sangat logic dan bisa jadi ilmu tambahan.

Untuk dapat membuat artikel eksposisi, penulis harus memahami secara lengkap masalah atau hal yang akan dibahasnya. Hal ini karena artikel eksposisi lebih mewajibkan data valid dan detail dari penguraian masalah.

4. Artikel Persuasi

Artikel persuasi boleh dikatakan sebagai artikel ajakan atau bujukan. Karena artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengajak, membujuk dan mempengaruhi pembaca agar terpengaruh. Untuk mencapai tujuannya, artikel ini biasanya dilengkapi dengan beberapa alasan, kelebihan dan keuntungan dari hal yang diuraikan dalam artikel.

Contoh artikel persuasi ini adalah seperti artikel tentang ajakan hidup sehat. Di mana dalam artikelnya disebutkan berbagai alasan kenapa harus menjalani hidup sehat serta apa keuntungan dan ruginya menjalankan pola hidup sehat tersebut.

5. Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan jenis artikel yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran pendapat dengan dukungan data dan alasan serta bukti yang kuat. Sehingga penulis dapat menjamin kebenaran dari pendapat yang disampaikannya.

Pembaca bisa tahu apa alasan  di balik pendapatnya serta bisa mengetahui dengan baik kebenaran dan faktanya.

6. Artikel Prediktif

Artikel prediktif adalah artikel yang berisi prediksi atau sesuatu yang sifatnya belum atau akan terjadi, menurut analisa si penulis. Dalam penulisannya, artikel prediktif disajikan dengan data dan perhitungan tertentu. Walau demikian, hasilnya masih tidak pasti dan tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, karena ini bersifat prediksi atau dugaan saja.

7. Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat secara khusus untuk kebutuhan blog atau website agar bisa bekerja dengan baik di search engine seperti Google. Artikel ini digunakan oleh para praktisi digital marketer untuk memaksimal kinerja website dan meningkatkan trafik dan value bisnis mereka di internet.

Artikel SEO dijual oleh para pemilik jasa tulis artikel profesional. Mereka biasanya kerja sama dengan para UKM, Blogger, Start Up digital hingga Corporate yang ingin sukseskan bisnis mereka di internet agar bisa kebanjiran order dari Google.

8. Artikel Copywritting

Jenis jenis artikel terakhir berdasarkan tujuannya adalah artikel copywritting. Artikel copywritting merupakan jenis artikel yang ditulis untuk menjual sebuah produk atau jasa di internet melalui halaman website. Artikel copywritting ditulis dengan teknik hipno selling yang dapat mempengaruhi pembacanya agar mau membeli produk yang ditawarkan penulis.

Artikel ini sering digunakan oleh praktisi digital marketer untuk memasarkan produk mereka di internet agar bisa laku keras. Artikel copywritting dibuat oleh penulis khusus yang paham dan punya teknik copywritting bagus.

Sebutkan Ciri-Ciri Artikel

Artikel dan karangan memiliki banyak perbedaan. Walau begitu, kamu bisa membedakan keduanya dari ciri yang mereka miliki. Adapun ciri-ciri artikel, adalah:

  1. Artikel ditulis dengan bahasa yang lebih santai dan lebih mudah dicerna
  2. Tulisannya singkat, padat, jelas dan pembahasannya lengkap dan tuntas
  3. Sumber artikel berasal dari fakta lapangan yang bisa dipertanggungjawabkan
  4. Bersifat faktual sesuai dengan data yang dimiliki penulis
  5. Original bukan hasil copas
  6. Bentuknya ringkas dan tidak bertele-tele
  7. Bersifat informatif
  8. Ditulis secara sistematis
  9. Kadang ditulis sebagai opini namun berdasarkan data yang ada
  10. Isinya berupa pemaparan biografi tokoh, kisah perjalanan, argumentasi, peristiwa ataupun fakta hal lainnya
  11. Gagasan dan topik harus disesuaikan dengan kebutuhan pembaca
  12. Saya penulisan disesuaikan dengan objek pembaca

12 ciri-ciri ini pasti ada dan dimiliki oleh sebuah artikel yang akan membedakannya dengan karang fiksi ataupun nonfiksi lainnya. Baik dari penggunaan bahasa, penguraian materi ataupun isi dari artikel yang dibahas.

Fungsi dan Manfaat Artikel

Dilihat dari fungsi dan manfaatnya, artikel memiliki banyak sekali manfaat baik untuk penulis ataupun bagi pembaca.

1. Manfaat Artikel Bagi Penulis

Bagi penulis, artikel memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
  • Menjadi sarana terbaik untuk menyalurkan hobi
  • Menjadi sumber penghasilan
  • Mengembangkan kemampuan menulis
  • Sebagai sarana menuju penulis profesional

Masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari menulis sebuah artikel bagi penulisnya sendiri. Kelima manfaat ini hanya sebagian kecil saja.

2. Manfaat Artikel Bagi Pembaca

Sedangkan bagi pembaca, manfaat artikel adalah:

  • Mendapatkan informasi yang dibutuhkan
  • Menjadi sumber referensi tambahan
  • Mendapatkan sarana hiburan menarik
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Menjadi sumber rujukan yang valid

Tujuan Penulisan Artikel

Artikel dibuat dengan beragam tujuan, itulah makanya kenapa artikel dibedakan berdasarkan isi dan juga tujuan pembuatannya. Karena memang demikian, sebuah artikel dibuat dengan tujuan tertentu. Adapun beberapa macam tujuan pembuatan artikel, yaitu:

  • Untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang dengan mudah
  • Mempublikasikan karya tulis yang sudah dibuat
  • Menyalurkan hasil pemikiran
  • Meningkatkan kompetensi penulis
  • Sarana untuk menjelaskan hal tertentu
  • Memberikan pendidikan dan ilmu pengetahuan tambahan
  • Memberikan referensi bermanfaat

Selain ini, masih ada banyak alasan lain kenapa seseorang menulis dan membuat sebuah artikel. Semuanya memiliki tujuan yang berbeda tergantung dari niat dan keinginan penulisnya.

Struktur Artikel

Sedangkan jika dilihat dari strukturnya artikel ini dibuat dengan struktur dan format tertentu. Setiap jenis artikel dibuat dengan jenis dan format yang berbeda-beda. Tapi walau demikian format baku dalam penulisan artikel adalah sebagai berikut:

1. Judul Artikel

Judul adalah bagian paling pertama dalam sebuah format artikel. Artikel apapun pasti yang ditulis pertama kali adalah judul artikelnya. Judul artikel ini dibuat dengan baik dan menggambarkan seluruh isi dari artikel.

Judul mewakili keseluruhan isi artikel yang akan dibahas. Ketika kamu melihat sebuah judul artikel, maka secara tidak langsung kamu sudah memahami apa yang akan dibahas dalam artikel. Hal ini karena, isi dari artikel akan menjelaskan apa yang ada pada judulnya.

2. Pembuka

Bagian pembuka merupakan bagian penting dari sebuah artikel. Bagian pembuka ini menjadi pengantar dalam sebuah artikel yang ditulis. Pembuka harus dibuat dengan bahasa yang lugas, jelas, singkat, padat dan dapat meningkatkan rasa penasaran pembaca untuk membaca paragraf berikutnya.

Dalam paragraf pembuka artikel biasanya dituliskan pemikiran dasar yang mendasari materi yang akan dibahas pada isi artikelnya. Hanya saja, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang dapat mengundang rasa penasaran pembaca.

3. Isi Artikel

Isi artikel adalah pembahasan inti dari masalah yang akan di uraikan dalam artikel. Isi artikel akan membahas secara lengkap langkah demi langkah masalah yang ada pada judul artikel. Pembahasan dibuat secara bertahap sehingga dapat menyampaikan materi dengan baik dan jelas.

Isi artikel dilengkapi dengan data untuk menjelaskan setiap permasalahannya. Sehingga semua masalah yang ada akan diuraikan dengan baik. Pembaca dapat langsung menarik kesimpulan dari apa yang diuraikan. Secara tidak langsung ia pun langsung mendapatkan solusinya.

4. Penutup

Bagian penutup merupakan bagian akhir dari sebuah artikel. Dalam bagian ini biasanya disertakan kesimpulan dari uraian materinya. Pembaca dapat memahami isi inti dari pembahasan dalam artikel secara ringkas.

Selain itu, biasanya bagian penutup juga dilengkapi dengan salam penutup serta pesan penulis untuk orang yang membaca artikelnya.

Nah sampai di sini, kamu pasti sudah pahamkan apa saja jenis jenis artikel? Secara sederhana artikel ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu artikel yang dibuat berdasarkan isinya dan artikel berdasarkan tujuannya.

Jenis artikel yang dibuat berdasarkan tujuannya adalah seperti artikel deskripsi, narasi, eksposisi,persuasi, argumen dan artikel prediktif. Sedangkan jenis jenis artikel berdasarkan isinya adalah seperti artikel ilmiah, artikel opini, artikel review dan artikel tutorial.

Butuh Jasa Penulis Artikel SEO?

Kamu butuh jasa penulis artikel SEO yang handal dan profesional? Kontenius adalah jasa penulis artikel SEO profesional yang sudah bekerja sama lebih dari 400 Blogger, UKM, Start Up, Agency hingga Corporate.

1500 konten artikel lebih sudah kami buat setiap bulannya. Jika kamu butuh konten artikel untuk kebutuhan bisnis atau blog kamu, pesan saja konten artikelnya di Kontenius. Hubungi kontak kami sekarang juga:

  1. Telepon               : 0896-0896-0097
  2. WhatsApp           :0852-9481-3643
  3. Email                   :Hy@ Kontenius.com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday