Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

7 Jenis Jenis Artikel Koran [Lengkap]

Jenis Jenis Artikel Koran

Cloud Hosting Indonesia

Artikel koran adalah artikel yang ditulis dan dipublish di media koran. Jenis jenis artikel koran ini ternyata ada banyak lho. Kamu mungkin bisa lihat dari beberapa kolom artikel yang ada pada halaman koran. Nah, semua jenis artikel itu berbeda-beda jenisnya. Lalu apa aja sih jenis jenis artikel koran itu?

Setidaknya ada 7 jenis artikel yang biasa diterbitkan ke dalam koran. Di artikel ini akan saya jelaskan setiap jenis dari artikel yang diterbitkan di dalam koran.

Jenis Jenis Artikel Koran

Dalam penulisannya, artikel koran dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Artikel Berita

Ini adalah jenis artikel pertama dan pasti selalu terbit dalam koran, artikel berita. Artikel berita dalam koran ini merupakan informasi lapangan hasil investigasi para wartawan di wilayah tertentu.

Artikel berita ini ditulis berdasarkan kajian lapangan hasil dari liputan yang dilakukan oleh para reporter. Baik waktu dan peristiwa kejadian di lapangan ditulis secara lengkap dan detail.

Mulai dari kronologi, hingga situasi terkini.

Umumnya, koran akan mengedepankan fungsinya sebagai media penerbit berita atau pemberi kabar terkini seputar berita atau informasi terkini dari tanah air.

Orang yang dapat menerbitkan berita di koran adalah orang yang memang memiliki kepentingan dengan pihak penerbit, seperti wartawan yang memang berkewajiban untuk memberikan informasi lapangan.

2. Artikel Tajuk

Artikel tajuk ini merupakan artikel opini yang disampaikan oleh pihak redaksi atas sebuah kejadian, peristiwa ataupun kebijakan tertentu. Biasanya ditujukan untuk pihak tertentu yang jadi bahan opini.

Biasanya artikel koran jenis ini akan membahas sesuatu yang lagi hits banget. Sehingga beritanya akan nampak segar dan tidak membosankan.

Penulis artikel tajuk ini bukan orang sembarangan.

Biasanya yang menulis artikel tajuk ini adalah orang yang memiliki wewenang ataupun kekuasaan di sebuah redaksi. Tulisannya pun tidak bisa langsung terbit begitu saja. Mengingat ini adalah opini, maka harus memperhatikan dan mempertimbangkan banyak hal.

Kualitas penulisan artikel ini sangat dijaga sekali. Mengingat hal ini akan jadi dampak penting bagi citra sebuah redaksi nantinya. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka akan berdampak buruk bagi redaksi yang menerbitkan berita tajuk tersebut.

3. Artikel Opini

Satu lagi yang termasuk jenis jenis artikel koran adalah artikel opini. Artikel opini ini sama persis seperti artikel tajuk. Bedanya, jika artikel tajuk ditulis oleh pihak media atau redaksi, nah kalo artikl opini ini lebih personal yaitu ditulis dan disampaikan oleh perorangan.

Seseorang boleh menuliskan opini mereka atas sebuah peristiwa ataupun kebijakan tertentu dengan memperhatikan konteks penulisannya. Citra seorang penulis artikel sangat bergantung pada apa yang mereka tulis.

Tulisannya akan ini akan jadi gambaran kualitas mereka.

Sama halnya dengan artike tajuk, sama-sama bertaruh pada kualitas tulisannya.

Artikel opini harus ditulis dengan baik agar bisa dan layak dipublikasikan. Pihak redaksi tidak akan sembarangan menerbitkan artikel opini. Apalagi jika sampai menyudutkan pihak satu dan lainnya. Artikel opini harus dibuat netral dan sesuai etika penulisan dan memiliki bobot dan kulaitas penulisan yang baik.

4. Artikel Feature

Artikel Feature merupakan salah satu jenis artikel yang cukup trend di koran ataupun majalah tertentu. Karena artikel menyajikan informasi yang selalu menarik untuk dibaca.

Artikel Feature akan menggali lebih dalam atas sebuah hal dan peristiwa tertentu secara mendalam hingga tahu latar belakangnya. Artikel ini seperti menjadi cerita motivasi bagi para pembacanya, dengan bahasa dan gaya penulisan yang menarik dan dibahas lebih ke human interest.

Sebagia contoh, seseorang yang berhasil dalam sebuah bidang hingga ia berhasil mendapatkan penghargaan dari banyak pihak. Maka artikel Feature ini akan menuliskannya secara mendalam hingga mencapai berbagai hal terkait latar belakang perjuangannya.

Pembaca akan hanyut dalam tulisan setiap kalimatnya.

5. Artikel Pojok

Seperti namanya, artikel ini merupakan jenis artikel yang ditulis dan dicetak pada bagian pojok koran. Artikel ini berisi beberapa kalimat saja dan biasanya mengandung 2 unsur yaitu berupa kalimat berita dan kalimat sentilan atau sindiran pada seorang tokoh atau kebijakan tertentu.

Artikel ini juga bisa merupakan artikel kritikan pada seseorang tokoh atas kebijakan dan perilakunya. Harapannya ini akan jadi masukan penting bagi orang atau tokoh tersebut.

Tidak jarang kalimat yang digunakan adalah kalimat yang cukup pedas untuk dibaca. Tapi hal ini tentu sudah mencakup syarat dan ketentuan redaksi.

6. Artikel Karikatur

Sama halnya dengan artikel pojok, artikel karikatur ini juga merupakan jenis artikel yang bersifat kritikan atau sentilan akan suatu kebijakan.

Bedanya, artikel karikatur ini menggunakan gambar sebagai medianya. Di mana animator sangat berperan penting dalam pembautan artikel karikatur ini. Dengan bentuk karikatur yang sedikit nyeleneh akan jadi sindiran sinis atas suatu kebijakan yang dilakukan oleh suatu lembaga, badan ataupun bahkan tokoh tertentu.

Artikel karikatur akan membangun komunikasi dengan pihak audience (pembaca) melalui visual dan teks cetak yang lucu dan menggelitik tapi sesuai dengan konteks.

7. Surat Pembaca

Ini adalah salah satu kolom penting yang bisa diisi oleh para pembaca setia sebuah koran. Di mana mereka bisa menyampaikan gagasan dan pesan mereka ke dalam sebuah koran. Isi dari surat ini bisa berupa kritikan ataupun pesan kepada sebuah perusahaan ataupun pemerintah atas tanggapan sebuah kebijakan dan layanan tertentu.

Siapa saja bisa mengirim surat ini dan diterbitkan oleh pihak redaksi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Di mana mereka harus melengkapi data pengiri dengan baik sesuai dengan identitas dan melampirkan fotokopi identitas mereka baik berupa SIM ataupun KTP.

Syarat dan Ciri Artikel Koran

Artikel koran tentu memiliki banyak perbedaan dengan jenis artikel lainnya. Baik dari penggunaan bahasa penulisan ataupun format penulisan artikel serta syarat dalam penulisan dan penerbitannya. Adapun ciri dari sebuah artikel koran yaitu:

1. Diterbitkan di Media Koran

Namanya juga artikel koran, maka sudah jelas media penerbitannya juga adalah media cetak (koran). Namun seiring perkembangan teknologi, artikel ini memiliki pergeseran, di mana sekarang sudah bisa diterbitkan di media Online. Namun tetap saja, namanya jadi bukan artike koran, melainkan artikel berita Online.

Artikel koran masih merupakan artikel yang diterbitkan oleh sebuah redaksi pada sebuah media cetak (koran) dan disebarkan secara manual.

2. Memiliki Format Khusus

Artikel koran seperti di atas saya tuliskan ada beberapa jenis. Setiap jenis artikelnya ini ditulis dengan format dan gaya tulisan yang berbeda-beda. Dalam penulisannya juga harus memperhatikan setiap kalimat yang ditulis pada parafraf tertentu.

Setiap tulisan yang masuk ke pihak redaksi, akan di edit dan disesuaikan dengan standar penulisan tim redaksi. Tidak semua orang bisa menulis dan menerbitkan artikelnya di koran selama artiekl mereka tidak memenuhi standar penerbitan, maka tidak akan dapat diterbitkan media.

3. Tidak Sembarangan Orang Bisa Membuatnya

Semua orang bisa membuat artikel koran, tapi tidak pada semau kategori. Ada jenis jenis artikel koran yang memang tidak bisa ditulis oleh sembarangan orang. Sekalipun memiliki keahlian dalam penulisan yang bagus, tetap saja mereka tidak bisa asal menulis dan membuat artikel koran.

4. Ditinjau Sebelum Diterbitkan

Dalam konsep artikel koran, hampir tidak ada artikel yang dapat langsung diterbitkan. Setiap artikel akan ditinjau terlebih dahulu. Tim redaksi akan meninjau ulang semau artikel yang akan terbit dan diedit sesuai dengan standar penulisan mereka.

Setiap artikel yang tidak memenuhi standar tidak akan dapat diterbitkan. Setiap redaksi memiliki standar penulisan masing-masing.

5. Kredibel

Kredibilitas artiekl koran beda dengan artikel untuk berbagai situs atau media Online. Artikel koran harus benar-benar memiliki kualitas yang bagus karena kredibilitas media koran tergantung ini.

Nah itulah jenis jenis artikel koran dan cirinya. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang utuh referensi tentang artiekl koran. Jika kamu butuh jasa penulis artikel berita baik untuk koran atau majalah, Kontenius adalah pilihan yang tepat.

  • Telepon: 0821-333-666-46
  • WhatsApp: 0821-333-666-46
  • Email: Hy@kontenius.com

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday