Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

19+ Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan dengan Mudah

ide kreatif untuk meningkatkan penjualan

Cloud Hosting Indonesia

Pernah gak kamu berpikir, kenapa Oreo bisa terkenal di dunia bahkan ada jenis Oreo dengan harga mahal masih juga ada orang yang membelinya? Kreativitas merupakan jawabannya. Oreo memiliki kreativitas yang tinggi baik dalam melakukan inovasi maupun dalam promosi. Mereka punya banyak ide kreatif untuk meningkatkan penjualan meski produk mereka dijual dengan harga selangit.

Oreo Supreme contohnya. Merkea menjual biskuit ini dengan harga yang tidak biasa bahkan tidak dilakukan oleh para kompetitornya. Tapi hebatnya, justru Oreo mendapatkan penjualan tinggi bahkan di hampir seluruh dunia. Kenapa bisa demikian?

Ini merupakan salah satu bentuk kekuatan dari kreativitas yang mereka miliki dalam melakukan branding dan promosi. Dengan harga yang mustahil (menurut sebagian orang) sekalipun, mereka bisa menjualnya bahkan dengan cara yang sederhana.

Lalu bagaimana dengan bisnis kamu? Apakah cara ini bisa digunakan? Belum tentu. Karena beda produknya beda pula cara promosinya. Tapi jika kamu mau mencobanya, mungkin bisa kamu lakukan. Jika kamu bingung dan butuh referensi ide kreatif untuk meningkatkan penjualan produkmu, berikut saya uraikan beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Brosur Keren

Brosur merupakan salah satu media promosi offline yang sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Setiap pebisnis pasti pakai brosur untuk promosi produk mereka. Tapi sayangnya, dari jaman dulu hingga sekarang, para pebisnis yang promo pakai brosur bentuknya cuma gitu-gitu aja.

Nah, jika hal ini akan kamu gunakan sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis, maka rubahlah gaya brosur tersebut. Buatlah brosur dengan tampilan yang lebih fresh dan lebih menarik. Selain itu, kata-kata dalam brosur juga harus kamu modifikasi sedikit agar terlihat lebih menarik.

  • Tambahkan gambar yang lucu dan menarik
  • Pilih kata-kata yang membuat orang senang membacanya
  • Berikan informasi produk yang jelas
  • Ganti bentuknya jadi lebih menarik
  • Gunakan warna yang mencolok

2. Live Musik yang Keren dan Komedi

Menyediakan tempat live musik dan komedi bisa jadi salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Banyak lho orang yang rela bayar tiket mahal hanya untuk nonton konser. Banyak juga orang yang rela antre beli tiket nonton komedi. 2 hal ini menunjukkan bahwa komedi dan musik punya daya tarik dan punya penggemar masing-masing.

Kenapa tidak kamu jadikan hal ini sebagai salah satu ide kreatif untuk bantu promosikan usaha atau bisnis kamu. Jika kamu punya tempat atau lokasi bisnis kamu berada di lokasi tertentu, maka gunakan cara ini. Tampilkan live musik dan komedi di tempat tersebut.

Tapi buat konsep yang berbeda dan unik yang membuat orang terkesan di dalamnya dan bias banget kamu mulai dengan modal minimal. Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk ide gila ini adalah:

  • Tampilkan live musik di mana para pemainnya berasal dari pengamen jalanan yang sudah kamu seleksi terlebih dahulu sebelum mulai acara live
  • Konsep komedi bisa kamu mulai dengan konsep stand up komedi. Pemainnya bisa para pemula saja yang mau open mik
  • Tampilkan dalam bentuk panggung dengan sound yang bagus

3. Buat Logo yang Lucu dan Menarik

Jangan lupa, bahwa logo adalah citra dari produk yang kamu jual. Ini sangat penting dalam masalah branding. Promosi yang kamu lakukan titik dasarnya ada pada logo. Logo yang bagus dan iconic akan mempermudah orang untuk mengingat produk yang kamu jual.

Warna dan bentuk logo jadi simbol bagi kelangsungan bisnis kamu. Logo jadi identitas resmi dari produk dan bisnis yang kamu kembangkan. Pilih warna yang tepat, bentuk yang menarik serta artikel yang tepat dalam logo. Pastikan ada makna di balik logo yang kamu buat.

Syarat penting dari logo bisnis yang wajib kamu buat ini, adalah:

  • Memilih warna yang mewakili jiwa bisnis/produk
  • Memilih simbol brand yang tepat
  • Dapat diingat dengan mudah oleh orang yang melihatnya
  • Unik dan memiliki makna yang dalam

4. Buat Iklan yang Tidak Biasa

Iklan merupakan salah satu strategi marketing atau promosi yang banyak digunakan orang untuk promosikan produknya agar dikenal banyak orang. Tapi bukan sembarang iklan, kamu harus membuat konsep iklan yang unik, funy dan mudah sekali diingat orang ketika melihatnya.

Seperti iklan Bukalapak ataupun iklan kartu Axis yang selalu nyeleneh tapi mudah banget orang ingat. Ketika orang lihat iklannya, mereka langsung tahu kalo itu adalah iklan dari produk kamu. Dengan demikian maka produk atau bisnis yang kamu kelola akan terbranding dengan baik.

Adapun syarat yang wajib kamu pahami saat akan membuat iklan, yaitu:

  • Iklan harus unik dan beda dari kompetitor
  • Mudah diingat orang
  • Jelas penawarannya
  • Mudah dicerna siapa saja

5. Kolaborasi dengan Brand Terkenal

Dari pengantar di atas, kita ambil contoh Oreo. Dia berhasil menjual 1 pcs biskuit dengan diameter tidak lebih lebar dari 5 cm itu dengan harga 400-500 ribuan. Tidak main-main, mereka akhirnya berhasil juga menguasai market biskuit dan hampir tidak ada lawan.

Mereka bisa demikian, karena Oreo menggandeng “Supreme” salah satu brand fashion branded dunia yang juga terkenal punya harga selangit. Dengan kolaborasi 2 produk ternama dunia ini menghasilkan produk biskuit mahal dan tidak biasa tapi laris dijual di pasaran.

Kamu juga pasti bisa banget menggunakan teknik ini untuk berjualan atau memasarkan produk yang kamu miliki. Tapi saat menggunakan teknik dan strategi ini kamu harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari budget dan kecocokan antar brand.

  • Pastikan akan berdampak baik pada brand kita
  • Memiliki konsep yang jelas
  • Selaras

6. Buat Konsep Langganan yang Menarik

Ketika kamu menjalankan bisnis, maka salah satu cara paling bagus untuk meningkatkan penjualan produk bisnis kamu adalah dengan mendapatkan pelanggan. Agar pelanggan kamu menjadi pelanggan yang tetap, maka kamu harus menggunakan teknik dan strategi berlangganan yang bagus.

Salah satu contoh konsep yang sering di gunakan oleh pebisnis retail adalah dengan memberikan potongan harga bagi orang yang memiliki kartu member. Jadi setiap kali belanja, mereka (pemilik kartu member) akan dapat potongan harga. Selain ide itu, kamu juga bisa mencoba beberapa konsep langganan yang menarik, yaitu:

  • Khusus pelanggan dapatkan hadiah di akhir bulan atau tahun
  • Langganan dapat jersey atau kaos khusus produk atau brand bisnis kamu
  • Pelanggan yang punya kartu member akan diberikan door price di waktu tertentu
  • Berlangganan dan dapat diskon besar di produk tertentu

7. Tawarkan Diskon yang Tidak Biasa

Diskon adalah salah satu teknik promosi yang paling sering orang gunakan untuk menggaet banyak pelanggan ke bisnisnya. Kamu mungkin juga bisa gunakan teknik diskon ini, agar hasilnya lebih bagus dan lebih menarik, kamu bisa lakukan ide diskon yang tidak biasa atau mungkin yang tidak pernah dilakukan oleh kompetitor.

Misalnya, kamu akan berikan diskon 50% bagi orang yang mengajak orang lain belanja atau beli produk kamu. Atau dapatkan produk gratis di hari tertentu dengan syarat dan ketentuan berlaku. Adapun beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan diskon, yaitu:

  • Beli satu gratis 1
  • Flash sale
  • Diskon 70% untuk nilai belanja tertentu
  • Beli produk A, bonus produk B

8. Diskon di Waktu Terbatas

Diskon ini memang menjadi salah satu ide yang sering seklai orang gunakan untuk meningkatkan penjualan mereka. Bahkan kreativitas mereka dalam memberikan diskon tidak kalah kreatifnya dari pada kreator apa pun. Salah satu teknik diskon yang banyak juga bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan diskon dalam waktu terbatas.

Misalnya kamu berikan diskon 75% selama 24 jam di dalam waktu tertentu. Jika pembeli, belanja di luar jam itu, maka diskon hangus. Teknik diskon ini banyak juga digunakan oleh berbagai marketplace. Tapi sebelum melakukan promosi diskon ini, kmau harus perhatikan beberapa hal, seperti:

  • Waktu diskon adalah waktu di mana orang punya banyak uang (lebih baik pas awal gajian)
  • Nilai diskon lebih menarik dari pada kompetitor
  • Diskon relevan dengan produk dan dibutuhkan pelanggan

9. Diskon dengan Sistem Pembayaran Tertentu

Salah satu ide kreatif yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat pembeli terhadap produk adalah dengan cara menggunakan diskon dengan sistem pembayaran tertentu. Misalnya, jika pembeli bayar dengan Gopay, maka ia akan mendapatkan diskon hingga 5% setiap produk yang dibelinya.

Untuk bisa mendapatkan promosi ini, kamu harus kerja sama dengan pihak ketiga seperti OVO, DANA, Gopay ataupun lainnya. Dengan melakukan kerja sama ini kamu bisa dengan mudah membuat promo yang menarik dari sistem payment. Tapi perhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih jenis payment yang banyak digunakan
  • Pilih payemnet yang kamu punya
  • Pilih payment yang mudah digunakan
  • Pastikan sistem payment sudah terpercaya

10. Gratis Aksesoris Lucu

Salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang tidak kalah menarik untuk digunakan adalah dengan memberikan promo gratis aksesoris. Hal ini tampak seperti sangat sepele dan tidak berarti apa-apa. Tapi implikasi dari teknik promo ini sangat bagus lho.

Kamu bisa memberikan aksesoris dengan menggunakan brand atau logo produk bisnis kamu di dalamnya. Jika aksesoris yang kamu berikan memiliki desain yang unik dan menarik serta disukai pelanggan, maka pelanggan secara tidak sadar akan promosikan produk atau brand kamu kepada orang lain.

11. Diskon untuk Beli Produk Tertentu

Memberikan promo dengan diskon pada produk tertentu akan membuat orang tertarik untuk membelinya. Teknik ini bisa digunakan untuk menghabiskan stok produk lama agar cepat habis. Teknik ini juga sangat cocok digunakan oleh kamu yang menjalankan bisnis produk makanan atau minuman.

Ketimbang produk kamu basi dan tidak laku, maka jual saja dengan harga di bawah standar. Tapi kamu harus pastikan bahwa produk itu masih layak dan aman dikonsumsi dengan baik tanpa akan menimbulkan masalah kesehatan bagi pembeli.

  • Pastikan masih ada jangka waktu yang cukup jauh dari masa expire, minimal 3-5 bulan
  • Produk berlabel halal dan bersertifikat BPOM
  • Jual secara eceran jangan borongan

12. Ganti Warna di Hari Berbeda

Dalam bisnis, suasana baru itu penting banget. Gantilah warna di hari yang berbeda untuk desain toko kamu. Baik toko online ataupun offline. Hal ini untuk meningkatkan branding dari produk yang kamu jual. Cara ini akan membantu kamu untuk lebih mudah memperkenalkan produk ke orang banyak.

Cara ini masih jarang sekali orang gunakan. Kamu mungkin butuh terobosan seperti ini untuk meningkatkan kepedulian orang terhadap brang dan produk yang kamu jual.

  • Lebih direkomendasikan untuk toko online
  • Pilih warna yang sesuai dengan gaya logo
  • Lakukan secara konsisten agar jadi identitas dan gaya yang unik

13. Liput Media

Trust merupakan salah satu strategi marketing yang sangat penting untuk dilakukan dan ditingkatkan oleh para pengusaha. Salah satu cara untuk meningkatkan trust bisnis atau brand adalah dengan menggunakan media. Liput saja produk bisnis kamu di media. Media punya banyak audience yang pastikan akan sesuai dengan target market produk kamu.

Sekarang ada banyak jasa Press Release yang bisa kamu manfaatkan untuk meliput produk kamu di media dengan mudah dan harga yang lebih murah. Setelah di liput media, produk yang kamu jual pasti akan naik dengan cepat dan mudah dikenal banyak orang.

  • Pilih media nasional yang terpercaya
  • Pastikan budgetnya sesuai
  • Pastikan produk kamu memang bagus dan berkualitas
  • Gunakan jasa press release yang tepat

14. Pasang Spanduk Unik

Memasang spanduk kerap kali orang lakukan untuk promosikan bisnis mereka agar mudah dilihat orang. Namun kebanyakan pebisnis atau pengusaha cuma pasang spanduk dengan bentuk yang begitu-begitu saja. Kadang kita bosan melihatnya.

Untuk membuat orang lain lebih tertarik dengan produk yang kamu jual adalah dengan memasang spanduk bertuliskan kata-kata promosi yang unik dan lebih menarik. Dengan kata-kata yang unik dan lebih menarik maka orang akan lebih suka dan lebih mudah di ingat orang.

Contoh kata-kata promosi menarik di spanduk, yaitu:

  • “Beli sekarang atau kamu tidak akan kebagian”
  • “Beli di sini, Ronaldo pernah belanja di sini”
  • “Tempat makan 1000 menu, harga anak kost”
  • “Gratis makan, bagi yang bawa Istri dan selingkuhan”
  • “Lontong kari paling enak, harga tak semahal harga diri”

15. Sedekah ke Tempat Ibadah

Salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dan paling bagus dilakukan adalah dengan melakukan sedekah secara konsisten ke rumah ibadah. Dalam banyak teori agama, semakin banyak uang (harta) yang di dermakan di jalan Tuhan, maka akan di lipat gandakan.

Bukan isapan jempol semata, dengan sedekah ke tempat-tempat ibadah akan membuat produk kamu sebagai produk umat. Orang itu sengat sensitif dengan agama dan keyakinan. Jika produk kamu sudah masuk ke kehidupan agama mereka, maka mereka (penganut agamanya) akan suka dengan produk kamu dan akan jadi produk yang didambakan banyak orang.

  • Rumah ibadah jangan jadikan tempat branding
  • Lakukan dengan penuh keikhlasan
  • Lakukan secara konsisten
  • Jangan bawa isu sara
  • Pastikan sesuai dengan keyakinan kamu

16. Kerjasama dengan Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh besar bagi masyarakat luas. Sudah bukan rahasia lagi, jika para pebisnis hire para influencer untuk bantu promosikan bisnis. Influencer dapat bantu bisnis kamu terkenal di kalangan masyarakat luas.

Kerja sama dengan influencer juga dapat meningkatkan trust produk kita naik dan dapat lebih mudah mendatangkan penjualan. Karena orang akan lebih mudah percaya dengan produk yang dipakai oleh infuencer.

  • Pilih inflluencer yang populer
  • Cek followers mereka, pastikan real human
  • Cek like dan komennya
  • Cek konversinya

17. Lakukan Giveaway

salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan mudah adalah dengan memberikan give away. Giveaway akan meningkatkan antusisame orang atau calon pembelinya. Tapi jangan sembarangan, karena tidak semua produk atau bisnis dapat dengan efektif dikembangkan dengan memberikan giveaway.

18. Jadilah Sponsor Kelompok/Kegiatan Tertentu

Jadilah sponsor di acara tertentu yang ramai dan memiliki kapasitas banyak orang. Acara yang ramai akan bantu branding produk bisnis kamu. Akan banyak orang yang tahu dengan jenis bisnis dan produk yang kamu jual. Bukan tidak mungkin jika setelahnya, produk kamu ternama dan laku di pasaran.

Tapi pastikan jenis acara ini memang bagus dan cocok dengan produk atau bisnis kamu. Relevansinya akan dapat meningkatkan konversi ke bisnis kamu.

  • Bukan acara ilegal
  • Memiliki izin resmi
  • Kapasitas orangnya banyak
  • Sesuai dengan bisnis kamu
  • Harganya dapat kamu jangkau

19. Buka Banyak Toko di Marketplace

Salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan mudah adalah dengan membuat banyak toko Online di Marketplace. Marketplace adalah pasar digital yang paling cocok digunakan untuk promosikan produk jualan kamu dengan mudah.

Buatlah sebanyak mungkin toko online di Marketplace, semakin banyak toko yang kamu bangun, maka akan semakin banyak pula penjualan yang akan bisa kamu dapatkan. Cara jualan di marketplace sangat mudah, kamu bisa jualan di marketplace FC, Tokopedia, Shopee, Bukalapak ataupun yang lainnya.

  • Buat toko yang spesifik
  • Branding setiap toko
  • Iklankan dengan budget yang sama
  • Ukur tingkat keberhasilannya

20. Diskon untuk Beli di Hari Tertentu

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan diskon di hari tertentu. Paling efektif, kamu berikan diskon di hari weekend. Di mana hari ini orang-orang ada di rumah dan selalu ingin berbelanja.

Maka inilah kesempatan terbaik buat kamu untuk memberikan diskon agar mereka mau berbelanja di tempat kamu. Jika kamu konsisten lakukan ini, maka bisnis kamu akan naik secara signifikan penjualannya di hari tersebut.

  • Lakukan promosi secara konsisten
  • Berian diskon yang bervariasi
  • Jangan terlalu rumit berikan syarat promo

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Isminawati ID Saya Isminawati, seorang blogger enthusiasm, content writter dan pelajar jadi satu. Suka shopping, travelling dan juga rebahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *