Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

3 Cara Menjual Barang di Facebook Marketplace & Grup

cara menjual barang di Facebook

Cloud Hosting Indonesia

Cara menjual barang di Facebook bisa dilakukan dengan mudah. Facebook memiliki banyak tempat untuk kita gunakan berjualan. Kamu bisa jualan di Facebook marketplace, Facebook page, Facebook Grup atua bahkan di profil Facebook kamu sendiri. Kamu bisa menawarkan produk apapun di Facebook ka jutaan orang di sana.

Facebook merupakan platform sosial media terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri terdapat 175 juta lebih pengguna aktif. Selain itu Facebook juga merupakan induk perusahaan dari Instagram. Dari jumlah pengguna yang fantastis itu tentu Facebook merupakan salah satu wadah marketing yang sangat potensional. Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjual barang di Facebook. Oke langsung saja simak artikel berikut ini.

Menjual Barang di Facebook Marketplace

Untuk menjual barang di Facebook sebenarnya Facebook sudah menyediakan sebuah fitur yang bernama Facebook marketplace. Facebook marketplace sendiri merupakan sebuah fitur bagi pengguna untuk mengupload barang yang ingin dijual ataupun pengguna yang ingin mencari barang untuk dibeli.

Untuk mencari barang di Facebook marketplace sangatlah mudah. Berikut cara untuk mencari barang di Facebook marketplace :

  1. Di Facebook baik website ataupun aplikasi
  2. Di menu kalian akan menemukan icon marketplace. Apabila kalian tidak bisa menemukan icon marketplace diatas menurut kalian, coba klik menu bookmarks atau tanda titik tiga dan cari menu marketplace
  3. Di sebelah kanan atas terdapat sebuah icon pencarian
  4. Klik ikon tersebut dengan kalian bisa mencari produk atau barang yang kalian inginkan

Jika kamu ingin menjual barang di Facebook marketplace kalian bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  1. Login ke Facebook baik website ataupun aplikasi
  2. Di menu kalian akan menemukan icon marketplace. Apabila kalian tidak bisa menemukan icon marketplace diatas menurut kalian, coba klik menu bookmarks atau tanda titik tiga dan cari menu marketplace
  3. Jika di aplikasi terdapat sebuah icon profil di halaman Facebook marketplace. Klik icon tersebut dan kalian akan diarahkan ke “Produk Saya”. Sedangkan Facebook website kalian bisa langsung menemukan tombol “jual produk”
  4. Klik tombol jual produk dan kalian akan diarahkan ke form penjualan
  5. Isi detail barang kalian seperti judul, foto, harga dan deskripsi
  6. Jika semua data sudah lengkap, klik tombol post dan produk kalian berhasil terupload di Facebook marketplace

Selanjutnya kalian hanya perlu menunggu calon pembeli untuk menghubungi kalian melalui Facebook messenger atau nomor whatsApp yang tertera.

Tips untuk menjual barang di Facebook marketplace, berikan beberapa gambar serta deskripsi yang jelas sehingga calon pembeli dapat memahami dengan lebih baik tentang produk kita. Apabila ada yang menghubungi kita melalui Facebook messenger ataupun WhatsApp balas dengan Ramah untuk membangun kepercayaan calon pembeli. Pada dasarnya pembelian terjadi berdasarkan keputusan emosional.

Baca juga:  Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

Menjual Barang di Facebook Group

Facebook group merupakan sebuah fitur eksklusif yang dimiliki sosial media berlogo biru ini. Fungsi utama Facebook sendiri sebenarnya adalah untuk membentuk komunitas spesifik. Kalian bisa memanfaatkan grup Facebook ini sebagai sarana untuk menjual barang kalian di Facebook. Untuk menjual barang di Facebook group sendiri terdapat dua metode yakni berjualan di grup marketplace atau berjualan di grup dengan komunitas tertarget.

1. Facebook group marketplace

Fitur Facebook marketplace merupakan fitur yang baru-baru ada. Sebelum itu pengguna Facebook sering kali menjual barang di sebuah grup yang memang ditujukan untuk menjadi sebuah marketplace. Grup tersebut biasanya memiliki inisial “Jual Beli …” Yang disertai dengan wilayah spesifik. Sebagai contoh “Grup Jual Beli HP Bekas Wilayah Surabaya”.

Meskipun sudah ada Facebook marketplace, grup Facebook marketplace seperti ini masih banyak dapat kita jumpai dan cukup efektif untuk melakukan penjualan. Untuk berjualan di grup Facebook Jakarta seperti ini kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Mencari grup jual beli yang sesuai dengan produk yang akan kalian jual serta lokasi domisili kalian berada.
  2. Setelah kalian menemukan grup yang sesuai gabung
  3. Biasanya saat kita bergabung pada suatu grup kita akan ditanya beberapa hal seperti ; apa tujuan kita bergabung di grup tersebut, barang apa yang kita jual dan lain sebagainya.
  4. Setelah bergabung kita harus menunggu untuk di approve atau diterima oleh admin grup
  5. Jika kalian sudah diterima sebagai anggota dari grup tersebut kalian dapat membuat post di grup terbaru seperti biasa layaknya update status untuk menjual barang.

Terdapat beberapa tips untuk berjualan di grup Facebook marketplace, antaranya :

  1. Jangan spam terus menerus
  2. Coba untuk membangun kredibilitas dengan cara memberikan jawaban atas pertanyaan member lain
  3. Pahami dengan baik produk yang kalian jual

Baca juga: Cara Membuat Toko Online di Instagram

2. Facebook group tertarget

Yang dimaksud dengan Facebook group target yakni sebuah grup yang berisikan orang-orang dengan minat yang sama. Sebagai contoh terdapat sebuah grup dengan judul “blogger Indonesia”. Dari situs tersebut kita tahu bahwasanya di dalam grup itu terdapat pengguna Facebook dengan ketertarikan yang sama yakni blogging.

Kalian bisa mencari grup dengan kriteria yang sesuai dengan produk yang kalian jual. Sebagai contoh kita akan menjual produk mainan anak. Tentu kita harus paham terlebih dahulu siapa target market kita. Jika kita ingin penjual produk mainan anak tentu target pasar kita adalah ibu-ibu yang punya anak balita. Bagaimana cara kita menemukan grup yang sesuai dengan produk tersebut?
Tentunya kita harus berpikir secara kreatif. Grup apa yang beranggotakan ibu-ibu? Sebagai contoh kita bisa menggunakan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan ibu-ibu seperti “resep masakan” atau “tips kecantikan”. Setelah menemukan grup dengan kriteria yang sesuai dengan produk kita, sama halnya dengan grup marketplace kita dapat mengaplikasikan metode yang sama yakni membangun kepercayaan.

Kita dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota grup tersebut telah mendapatkan reputasi yang baik di grup tersebut sehingga saat kita menjual sebuah produk mereka akan setidaknya peduli dan antusias terhadap produk kita.

Menjual Barang di Facebook Page

Facebook page atau fans page merupakan sebuah fitur untuk membangun halaman profesional baik untuk bisnis maupun creator. Fokus dari Facebook page adalah menjadi wadah trending suatu produk atau brand secara profesional. Kalian dapat membuat katalog yang nantinya dapat ditampilkan di Facebook page kalian.

Adapun langkah-langkah untuk membuat Facebook page adalah sebagai berikut :

  1. Buka facebook.com/pages/create
  2. Klik untuk memilih kategori bisnis
  3. Selanjutnya isi informasi yang diperlukan
  4. Klik buat halaman
  5. Terakhir kalian dapat menambahkan foto profil atau foto sampul

Dengan fanspage ini kalian bisa menjual produk kalian dengan tab toko. Kalian bisa menambahkan produk layaknya membuat postingan biasa di Facebook kalian. Kalian hanya perlu memilih tipe postingan jual barang dan menambahkan informasi seperti harga dan deskripsi.
Selain itu kalian juga dapat melawan branding secara lebih profesional dengan mengarahkan penjualan ke website. Atau kalian juga dapat beriklan di Facebook ads menggunakan fanspage tersebut.

Baca jiga: Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan

Untuk menambah audience kalian, kalian dapat mencoba untuk mengundang teman-teman kalian untuk like fanspage kalian. Pastikan juga kalian membuat konten secara rutin untuk menarik calon audience.

Nah tadi artikel tentang tiga cara menjual barang di Facebook. Jika kalian suka dengan postingan ini atau kalian memiliki pertanyaan silakan tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini. Sekian, semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday