Cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan SEO

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO itu tidak semudah yang dibayangkan. Selain perlu teknik khusus juga butuh modal dan waktu. SEO itu bicara soal modal dan konsistensi, siapa yang punya keduanya maka dialah yang akan jadi pemenang di SERP (Search Engine Result Page).

Kadang orang tidak sabar ketika melakukan optimasi dengan SEO. Terkadang mereka menyerah di tengah jalan. Alhasil, modal sudah keluar trafik tidak mereka dapatkan.

Hal ini banyak sekali dilakukan oleh pebisnis digital, terutama mereka yang masih pemula. Padahal SEO itu tidak instan. Butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Jika Anda ingin mendapatkan trafik dengan menggunakan teknik SEO, maka yang anda butuhkan pertama kali adalah sabar dan konsistensi.

Selai itu apa lagi? Nah berikut ini saya coba jelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung blog dengan menggunakan SEO.

Cara Meningkatkan Traffic Website Gratis dengan SEO

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO

Setidaknya ada 12 cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO yang bisa Anda gunakan. Ini adalah cara versi Kontenius bukan cara mutlak, bahkan msatah SEO bisa jadi sudah tidak menggunakan cara ini untuk datangkan trafik.

1. Keyword on Domain

Keyword on domain artinya adalah keyword ada di domain. Maksudnya, domain yang Anda gunakan itu berupa keyword. Misalnya, jika Anda ingin bahas atau jualan secara dropship, Anda gunakan keyword ini di domain, misal drophip.com, jualandropship.com dan lain lain.

Cara ini cukup powerfull untuk meningkatkan authority dalam SEO onpage. Karena sangat relevan dengan konten yang dibahas. Ataau misalnya jika Anda ingin bahas bisnis digital profesional, maka gunakan domain eBisnis.co.id, bisnisdigital.com dan lain-lain.

2. Pilih Template Blog Ringan dan Clean

Jangan salah, template yang digunakan ini juga menjadi salah satu bagian penting dari optimasi SEO on page. Tidak semua template yang dijual di pasaran ini SEO frienly. Ada banayak template yang dijual di pasaran dengan tampilan bagus namun tidak SEO friendly.

Template dapat memperngaruhi kecepatan sebuah website atau jadi salah satu bagian penting dari core vital web. Maka sudah seharunya, template dipilih dengan baik. Saya rekomendasikan template Generatepress untuk optimasi SEO website.

3. Riset Keyword Low Competition

Salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO yang perlu dilkukan adalah riset keyword. Pemilihan kata kunci memungkinkan optimasi yang lebih maksimal. Karena beda kata kuncinya, maka beda pula cara optimasi yang dilakukan.

Agar optimasi lebih mudah, maka pilih kata kunci yang low competition atau memiliki persaingan yang rendah. Kata kunci dengan persaingan rendah akan lebih mudah masuk di halaman 1 Google ataupun search engine lain.

4. Buat Konten Pilar

Artikel pilar adalah artikel utama yang ditulis selengkap mungkin. Semua materi yang dibutuhkan user akan disajikan dalam artikel tersebut. Pembaca akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Pembahasan dalam artikel ini ditulis dari A-z, sehingga pembaca bisa mendapatkan informasi lengkap.

Dari sisi SEO, artikel pilar ini sangat penting bahkan menduduki peringkat teratas di sisi kualitas artikel. Artikel pilar akan lebih mudah dioptimasi untuk masuk ke halaman pertama Google. Karena konten yang disajikan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

5. Konten Post dengan Konsep Silo Structur

Selain artikel pilar, konten dengan konsep silo struktur juga sangat bagus dan memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam SEO. konten posting dengan konsep silo struktur ini adalah rekayasa konten dengan link building piramid yang rapi.

Artikel akan saling berkaitan antara artikel pilar dengan artikel pendukungnya. Dari sisi ini, konten artikel post seperti ini akan memiliki authority yang jauh lebih tinggi dan jauh lebih baik. Konten dengan konsep silo struktur lebih rapi dan lebih terpercaya di mata search engine.

6. Gunakan Judul Menarik & Clickable

Untuk mendapatkan nilai SEO yang lebih bagus dan trafik yang lebih tinggi, judul adalah bagian penting yang perlu diperhatikan.

Judul yang menarik itu harus sedikit clickable atau mampu memicu pembaca untuk klik. Judul yang menarik akan memberikan nilai yang lebih tinggi bagi SEO bahkan bisa mendatangkan trafik yang juah lebih tinggi.

7. Perbanyak Konten Artikel

Semakin banyak konten maka authority blog Anda akan jauh lebih baik dan jauh lebih tinggi. Namun untuk bisa mendapatkan trafik tertarget, yang harus Anda lakukan ketika perbanyak artikel ini adalah dengan membuat konten artikel yang relatable dengan niche blog.

Banyaknya konten spesifik akan dapat membangun dan memperkuat citra atu authority brand blog atau website kita. Memperbanyak konten artikel akan dapat mendatangkan trafik yang jauh lebih baik dan lebih banyak.

8. Pasang Backlink Kontekstual

Backlink adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan trafik organik. Backlink dapat memberikan sinyal kuat ke search engine akan konten yang dibuat. Dalam optimasi SEO, backlink adalah bagian paling penting yang harus digunakan.

Backlink kontekstual cara terbaik untuk meningkatkan SEO website. Para pakar SEO menggunakan backlink kontekstual untuk memenangkan persaingan di SERP.

9. Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan website juga menjadi salah satu bagian penting dari optimasi SEO website. Kecepatan website termasuk salah satu core vital dalam optimasi SEO. Maka dari itu penting sekali meningkatkan kecepatan halaman website.

Anda bisa optimasi sendiri dengan menggunakan tools atau gunakan jasa. Biasanya saya gunakan tools WP-Rocket dan CDN. Atau cukup dengan WP-rocket, kadang kalo theme ringan juga udah cukup bisa dapat score 98 versi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights.

10. Blog Walking

Blog walking adalah salah satu kegiatan berkunjung ke blog orang lain dengan menempatkan backlink di dalamnya. Biasanya kita simpan komen di blog orang yang relevan dengan konten yang kita buat.

Walau cara ini merupakan cara yang masih jadul, namun masih banyak kok orang yang menggunakan trik ini untuk memperkuat SEO website mereka.

11. Share Artikel ke Media Sosial

Share artikel ke media sosial juga merupakan salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO. Dalam istilah SEO sendiri hal ini disebut denga sosial signal.

Kita share artikel yang sudah kita tulis ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, line, Twitter dan beragam jenis media sosial lain. Hal ini juga dapat memberikan pengaruh bagi search engine untuk menambahkan referensi authority blog Anda.

12. Gunakan Email Marketing

Email marketing juga bisa digunakan untuk mendapatkan trafik dengan sangat baik. Bahkan menurut banyak pendapat mastah SEO, email marketing memiliki tingkat klik yang cukup tinggi. Blogger kawakan seperti Kang Irvan taufik, Mas Darmawan, Mas Sugeng, Iwan Banaran dan blogger lain pakai cara ini untuk dapatkan trafik ke blog mereka.

Keuntungan Optimasi Blog Pakai SEO

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO

Menggunakan teknik SEO tentu memiliki banyak keuntungan. Itulah alasannya kenapa ada banyak orang belajar SEO bahkan jasa SEO itu mahal. Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Biaya Lebih Murah

Dilihat dari sisi biaya SEO jauh lebih murah ketimbang menggunakan teknik optimasi lain. Karena Seo bisa bayar sekali untuk dapatkan keuntungan berkali-kali. Beda dengan teknik marketing lain yang bayar sekali dan cuma dapat itu saja layanannya.

Dalam SEO, Anda cukup bayar 1 kali saja dalam 1 bulan Anda kadang bisa rasakan hasilnya hingga 3-5 bulan kedapan atau bahkan lebih.

2. Lebih Lama Bertahan di SERP

Teknik SEO white hat adalah salah satu teknik SEO putih yang dapat membuat sebuah halaman website bertahan di SERP lebih lama. Bukan hanya 1 atau 2 bulan saja, kadang bisa bertahun-tahun. Bayangkan, berapa provit dan trafik yang bisa Anda dapatkan jika volume dari keyword tersebut tinggi.

3. Dapat Menjangkau Market Lebih Luas

Dengan teknik SEO Anda bisa jangkau market yang jauh lebih luas dengan biaya yang lebih murah. Di manapun target market Anda, bisa dijangkau dengan membuat konten artikel yang relevan untuk menjangkaunya.

4. Mentangkan Trafik yang Potensial

Trafik dari teknik SEO itu organik dan tertarget. Ketika orang cari dengan kata kunci tersebut dan muncul halaman website kita, maka besar kemungkinan orang itu akan membeli produk kita. Jarang sekali orang yang hanya mencari informasi terkait produk.

Modal Minimal Optimasi dengan SEO

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO

SEO sebenarnya bisa dilakukan sendiri secara gratis. Namun hasilnya tentu tidak akan maksimal. Kalaupun jika Anda ingin dapatkan hasil yang cukup bagus dan Anda lakukan sendiri, setidaknya Anda harus siapkan dan lakukan hal berikut:

  • Tools ahrefs (minimal trial 7 hari) Rp120.000
  • Backlink kontekstual (minimal 10 backlink Rp500.000)
  • Membuat artikel SEO
  • Beli tools speed up web (WP-rocket Rp.150.000/tahun di tempat jasa instal)

Mungkin bisa lebih mahal jika Anda siapkan tools lain yang lebih poewrfull. Tapi dengan tools ini pun sudah lebih dari cukup.

Adapun hal-hal lain yang perlu dipersiapkan diantaranya:

1. Biaya Pembuatan Artikel Pilar Perbulan

Jika Anda beli, maka biaya artikel perbulan ini cukup tinggi. Namun opsional, jika Anda bisa buat sendiri maka ini bisa jadi Rp0. Tapi jika Anda pakai jasa orang, maka Anda bisa keluarkan budget sekitar Rp.1.650.000 hingga Rp.4.500.000 perbulan.

Ini biaya standar untuk update konten web Anda . Biasanya ini sudah termasuk dengan layanan psoting, Anda terima beres. Kontenius punya jasa artikel bulanan, Anda bisa pakai layanan itu untuk update web Anda.

2. Biaya Backlink Kontekstual

Selain konten artikel, kamu juga perlu belanja backlink secara rutin baik perminggu ataupun perbulan. Besarannya sih tergantung dari jenis backlink yang kamu pakai. Selain itu tergantung jugg jasa backlink yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu mau order backlink bulanan, minimal budget yang mesti kamu keluarkan adalah Rp.500.000. Jika lebih banyak backlink yang kamu beli, tentu budgetnya lebih gede juga. Kontenius juga punya jasa backlink kontekstual, kamu bisa pakai itu.

3. Biaya Jasa SEO

Jika Anda ingin lebih simpel dan sederhana, maka gunakan saja jasa SEO. Anda tidak perlu pikirkan beli backlink dan optimasi yang lainnya. Jasa SEO sudah punya semua senjata optimasinya. Anda tinggal terima beres dan keyword bidikan akan naik di page one.

Namun jangan asal-asalan, pilih jasa SEO yang bagus dan emang terpercaya. Pastikan dia punya layanan yang bisa memberikan jaminan yang pasti.

Nah mungkin sampai sini dulu ulasan saya tentang cara meningkatkan pengunjung blog dengan SEO. BTW ini hanya cara saya saja ya, mungkin bisa jadi kurang tepat atau bahkan salah sih. Jika ada mastah SEO di sini, maka monggo dikoreksi saja tulisannya.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday