Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

11 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Secara Gratis

Backlink adalah bagian penting dalam SEO, namun hanya backlink berkualitas yang bagus untuk SEO. Cara mendapatkan backlink berkualitas juga tidak semudah membalikkan telapan tangan. Selain butuh cara khusus, juga butuh dana yang tidak sedikit.

Namun dengan cara simpel ini, kamu bisa mendapatkan backlink menuju halaman situs bisnis kamus secara gratis. Cara ini sudah sering dibahas oleh para pakar SEO (Search Engine Optimization). Saya hanya akan mengulasnya sedikit saja.

Jenis Backlink Secara Umum

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Secara Gratis

Secara umum backlink ini dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu backlink doffolow dan backlink noffolow.

1. Backlink Doffolow

Yaitu merupakan sebutan yang diberikan pada backlink (tautan) yang mengijinkan robot mesin pencari untuk menelusuri sekaligus mengindek tautan yang kita berikan terhadap website orang lain (yang menanam backlink).

2. Backlink Noffolow

Yaitu merupakan sebuah atribut HTML yang bertugas untuk memberikan kode kepada Google dan mesin pencari lain untuk mengabaikan link tertentu. Backlink nofollow biasanya digunakan untuk link yang memiliki kualitas kurang baik.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis

Cara dapatkan backlink berkualitas secara gratis itu tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya secara gratis bahkan dengan mudah. Cara ini sudah sering kali dibahas para pakar SEO namun jarang banget orang yang menggunakannya.

Entah apa alasannya.

Mungkin karena gengsi dan kurang terpercaya saja kali ya. Tapi saya mah masih pakai cara-cara ini untuk bisa mendapatkan backlink dengan kualitas yang bagus namun gratis. Kamu juga bolah cobain trik yang saya pakai ini.

1. Guest Post di Web Blogger

Ini adalah cara pling populer dan banyak dilakukan oelh para Blogger Indonesia. Cara ini bisa kamu gunakan untuk dapatkan backlink dengan kualitas terbaik dan gratis pastinya.

Kamu cukup membuat tulisan yang bagus dan relate dengan blog tujuan. Kamu akan diberikan bakclink dofolow dari situs tujuan menuju situs kamu secara gratis bahkan permanen.

  • Buka Google
  • Ketikan “guest post gratis” atau ketik: “allintitle:guest post gratis
  • Akan muncul situs yang menyediakan layanan guest post secara gratis
  • Silahkan hubungi kontak adminnya
  • Buat artikel dan kirim ke admin tersebut
  • Nanti si admin akan posting artikel kamu dan kasih tautan menuju halaman blog kamu

2. Buat Konten Berkualitas dan Punya Pembeda

Jangan buat artikel rewrite jika kamu ingin dapatkan backlink doffolow secara gratis. Buatlah artikel yang unik dan beda dari yang lain. Apalagi buat artikel kaya blog ini, di sini saya tidak memakai optimasi aneh-aneh.

Kamu buat artikel dengan gaya bahasa kamu sendiri. Pastinya ini akan membuat orang merasa srek dengan blog kamu. Karena selain kontennya original juga punya daya tarik tersendiri.

Ingat, kata Pandji Pragiwaksono “sedikit lebih beda, lebih baik”.

3. Cari di Forum Blogger Facebook

Selain itu, salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mencari Blogger yang open Guest post di forum-forum Blogger yang ada di Facebook. Ini bahkan lebih mudah dibandingkan menggunakan ketiga cara di atas lho.

Cuma kadang para Blogger di Facebook ini rada-rada aneh. Banyak banget yang kurang terpercaya.

Kadang saat udah kita buatkan artikelnya dan di post, beberapa hari kemudian link kita dia hapus. Namun ya tidak semua demikian sih, ini hanya beberapa orang saja. Kamu layak coba cara ini, toh ada ribuan Blogger di forum.

4. Tukar Backlink dengan Teman

Jika kamu punya teman seorang Blogger, kenapa tidak kamu ajak bertukar backlink saja. Namun hati-hati saat melakukannya. Jangan tanam backlink 2 arah. Maksudnya, jangan sampai kamu tanamkan backlink dari situs kamu ke situs dia yang sama-sama mengarahkan backlink.

Ini akan dianggap spam dan pelanggaran oleh Google. Bukan tidak mungkin jika kamu bar bar melakukannya blog bisa di deindeks.

Bagusnya kamu siapkan 2 blog dan teman kamu siapkan 2 blog pula. Blog A milik kamu arahkan ke blog Blog A milik temen kamu, dan blog A milik temen kamu, kamu arahkan ke Blog B milik kamu.

6. Buat Artikel yang Banyak Dicari

Nah ini yang penting. Coba deh kamu buat artikel dengan search volume tinggi. Kamu pasti akan mendapatkan backlink berkualitas. Kenapa demikian? Karena ada banyak orang yang mencarinya, mungkin salah satunya adalah Blogger.

Ketika blog kamu muncul di halaman 1 Google dan dibaca Blogger tersebut, bukan tidak mungkin jika blog kamu ini dijadikan sebagai sumber referensi mereka. Saya sendiri sudah buktikan hal ini dalam beberapa tahun ke belakang.

7. Buat Artikel yang Bagus untuk Referensi Orang Lain

Lagi-lagi soal kualitas artikel, kamu harus buat konten yang benar-benar bagus dan informatif. Konten yang informatif akan membuat orang mereferensikan konten kamu di halaman blognya.

Konten yang bagus dan biasanya banyak dijadikan sebagai sumber referensi adalah tipe artikel yang disajikan dengan data lengkap. Seperti salah satu Blogger yang konsisten lakukan ini adalah Panduam IM dan mas Irvan Taufik.

Dia adalah salah sat Blogger kiblat saya dalam dunia SEO. Selain bahasanya yang user friendly banget, mereka ini juga menyajikan artikel dengan data hasil stusi kasusnya. Alhasil, lihat berapa rujukan menuju halaman blog mereka? Bejibun cuy.

8. Lakukan Blogwalking

Blog walking adalah kegiatan berkunjung ke halaman situs orang lain. Biasanya sih dengan ninggalin jejak komen dan simpen link kita di sana.

Namun sayangnya, backlink dari hasil blog walking ini biasanya adalah noffolow.

Jika kamu ingin berubah menjadi doffolow, ya kamu hubungi adminnya ketika blog walking dan minta kerjasama dengan dia untuk tanamkan link di halaman situsnya menuju blog kamu. Jika bloggernya friendly pasti gak akan pelit kok, kecuali jika dia memang pelit hehe.

9. Buat Backlink Profile

Backlink profile juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas. Ada banyak kok situs besar yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan backlnk profile ini dengan kualitas yang sangat bagus.

Beberapa yang saya rekomendasikan untuk kamu gunakan di antaranya adalah seperti situs about me, Medium.com, YouTube, Scribd, Detik forum dan kaskus.

10. Membuat Tools Gratis

Cara ini banyak digunakan oleh para Blogger profesional. Membuat tools gratis bisa membuat mereka mendapatkan rujukan dari para pengguna tools. Karena sifatnya gratis, maka di tools itu biasanya ditanamkan backlink yang mengarah ke halaman blog pembuat tools.

Para pengguna biasanya dengan suka rela memberikan link doffolow kepada pembuat tools. Walau masih ada saja mereka yang coba menghapusnya. Minimalnya, kamu masih bisa dapatkan tautan doffolow 80% dari total pengguna tools.

11. Membuat Theme Gratis

Selain itu, membuat theme gratis juga bisa membuat kamu mendapatkan bakclink secara gratis dari para pengguna theme. Salah satu Blogger yang pakai cara ini adalah Mba Arlina. Ada banyak banget theme Blogger kece yang dia buat. Tidak heran jika ada ratusan backlink berkualitas yang didapat.

Tapi kamu harus bisa bikin theme dulu baru bisa pakai cara ini. Ini tentu bukan cara yang mudah, jika kamu gak paham program mending paka 9 cara mudah dapatkan backlink berkualitas di atas saja.

Kamu ingin membuat artikel yang bahas dunia SEO seperti ini? Yuk order artikel di Kontenius. Kita punya penulis pro yang paham optimasi SEO secara mendalam lho. Mari ngobrol di chat.

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday