Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

5 Langkah Cara Membuat Artikel Opini yang OK BGT [Mudah]

Cara Membuat Artikel Opini

Cloud Hosting Indonesia

Tujuan dari membuat artikel opini adalah untuk didengar oleh orang-orang penting seperti politisi, pemerintah atau pembuat keputusan. Dalam hal ini kita perlu mempelajari bagaimana menyampaikan opini dengan baik dan benar agar tidak terjadi mispersepsi atau opini tidak tersampaikan.

Dalam prakteknya membuat artikel opini jarang dilakukan. Pada umumnya orang-orang menyampaikan kritik melalui surat buka baik melalui sosial media maupun platform digital lainnya. Namun tidak ada salahnya untuk membuat artikel yang berisikan opini.

Mencuri perhatian

Cara Membuat Artikel Opini

Untuk dapat mencapai tujuan dari dibuatnya artikel opini yakni sampainya opini ke pihak berwenang, tentu kita harus mencuri pusat perhatian. Mencuri perhatian merupakan sebuah seni persuasi dan provokasi masyarakat sekitar. Kalian bisa mulai dengan mengangkat isu yang memang dirasakan oleh masyarakat sekitar sehingga kalian juga akan mendapatkan dukungan dari mereka.

Gunakan peristiwa-peristiwa yang memang dapat menarik perhatian. Sebagai contoh kalian dapat menggunakan kejadian bencana seperti tanah longsor untuk mengkritik rencana pemindahan ibukota ke ke penajam Kalimantan.

Pastikan kalian mencantumkan riset data ataupun pendapat para ahli secara valid agar terkesan meyakinkan.

Mencari Data Pendukung

Cara Membuat Artikel Opini

Walaupun kalian sedang menulis artikel opini, kalian tetap harus menyertakan data pendukung. Hal ini bertujuan untuk memperkuat opini kalian serta menghindari tuntutan yang tidak berdasar.

Bermain aman dan bersih

Saat kita membuat artikel opini tentu kita akan menyinggung banyak sekali pihak atas opini kita. Pastikan kalian bermain di garis yang aman dan selalu lakukan research serta check dan recheck sebelum melakukan modifikasi.

Ada beberapa pihak yang memang boleh atau sah dikritik seperti lembaga pemerintahan atau organisasi masyarakat. Jangan mengkritik seseorang secara personal tetapi kritiklah mereka sesuai jabatan mereka.

Kita boleh memberikan opini tentang kinerja presiden Joko Widodo sebagai seorang pemimpin negara. Tapi kita tidak bisa mengkritik tentang Jokowi sebagai seorang individu.

Membuat Artikel Opini

Tips Membuat Artikel Opini

Setelah mengetahui tiga prinsip dasar diatas kita bisa lanjut ke tahap selanjutnya yakni membuat artikel opini.


1. Mengangkat isu

Dalam menyampaikan sebuah opini tentu sangat penting memiliki isu yang akan diangkat. Kita tidak bisa hanya sekedar menuliskan opini yang bersifat subjektif atau personal. Hal itu hanya akan berakhir sia-sia.

Tidak ada orang yang ingin tahu opinimu tentang mana yang lebih enak antara es krim coklat atau strawberry. Mereka lebih peduli terhadap opinimu terkait kinerja pemerintah ataupun pembalakan hutan secara liar.

Pastikan kalian mengangkat isu yang memang menjadi keresahan masyarakat agar dapat sampai ke banyak orang terutama pihak yang bersangkutan seperti pemerintah ataupun pembuat keputusan.

2. Menyusun kerangka

Setelah menentukan isu salahnya kita harus menyusun kerangka artikel untuk menghindari terjadinya distorsi informasi yang tidak diinginkan. Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk meminimalisirkan kesalahpahaman antara maksud dari penulis ke pembaca.

Kita harus memahami bahwasanya teks tidak dapat mengakomodasi konteks. Bahkan Alquran ataupun Alkitab dapat disalah artikan tergantung dari interpretasi pembacanya. Susunan kerangka artikel opini yang baik yakni kalian bisa memulai Dengan memberikan fakta-fakta ataupun data terkait sebuah isu. Lalu kalian bisa melanjutkan dengan opini kalian, opini ahli maupun opini masyarakat.

3. Research informasi pendukung

Meskipun kalian sedang membuat artikel opini kita tetap harus melakukan riset informasi. Diketahui bahwasanya opini tidak dapat berdiri sendiri. Kalian dia dapat mengkritik kinerja pemerintah hanya berdasarkan opini kalian tanpa didukung oleh data yang valid. Membuat artikel opini tanpa menggunakan informasi pendukung sama saja dengan menuduh tanpa bukti.

4. Validasi kebenaran

Setelah melakukan riset informasi pastikan kalian mau validasi terlebih dahulu kebenaran data atau informasi yang akan kalian gunakan. Informasi hoax atau palsu banyak bertebaran di mana mana. Jangan sampai kita dituntut atau kredibilitas kita hancur karena menggunakan data yang tidak valid.

5. Check and recheck

Selalu akan cek dan ricek terkait informasi maupun penulisan artikel opini kalian. Minta pendapat pihak ketiga maupun editor sebelum melakukan publikasi. Kita sebagai content writer tidak bisa lepas dari subjektivitas diri kita sendiri. Oleh karena itu penting bagi kita untuk melihat sudut pandang pihak lain.

Sekian artikel kali ini untuk cara membuat artikel opini. Semoga bermanfaat! Apabila kalian menjumpai artikel kali ini ataupun kalian memiliki pertanyaan terkait topik di atas silakan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday