Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

9 Cara Dapatkan Uang Jadi Influencer yang Menggiurkan

Cara Dapatkan Uang Jadi Influencer

Cloud Hosting Indonesia

Cara dapatkan uang jadi influencer tidaklah sulit, ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan. Perkembangan dunia digital membuka banyak peluang pekerjaan dan bisnis, termasuk salah satunya adalah menjadi seorang influencer.

Seorang Influencer dapat menjadi trend center di masyarakat. Hal ini dipandang serius oleh para pebisnis untuk bantu woro-woro produk ataupun jenis bisnis mereka. Influencer memiliki perang penting dalam keuksesan bisnis terutama di bidang digital.

Lantas apa saja sumber penghasilan dan bagaimana cara mendapatkan uang ketika menjadi seorang influencer? Berikut adalah beberapa sumber penghasilannya:

1. Endorsement

Cara dapatkan uang jadi influencer pertama yakni endorsement. Endorsement merupakan kesepakatan antara influencer dengan pihak endorser. Biasanya influencer harus menggunakan produk dari endorser dan memposting kegiatan tersebut dalam bentuk promosi. Endorsement bisa memberikan pembayaran dalam bentuk uang atau produk sesuai dengan kesepakatan. Misal saja jika endorsement tersebut berbentuk kebutuhan sehari-hari seperti skin care.

Kemungkinan besar kita akan menerima pembayaran dengan uang dan produk itu sendiri. Berbeda dengan produk elekronik ekslusif, misal saja Asus ROG yang melakukan pembayaran kepada influencer dengan Laptop keluaran terbaru. Dari pihak Influencer, kita akan diuntungkan karna mendapat pembayaran atau produk gratis. Disisi lain endorser juga mendapatkan keuntungan berupa promosi produk dengan target yang sesuai.

2. Brand Ambasador

Brand Ambasador adalah cara dapatkan uang jadi influencer selanjutnya. Saat kita mnejadi brand ambassador, kita dibayar untuk merepresentasikan suatu produk. Misal saja seorang Youtuber Video editing Chandra Liow yang merupakan Brand Ambassador Asus ROG. Atau Deddy Corbuzier yang merupakan brand ambassador under armor.

Saat seorang influencer menjadi brand ambassador, ia akan dibayar baik dalam bentuk uang atau akses ekslusif terkait produk produk brand tersebut. Sebut saja Oppo melaunching gadget terbaru. Tentu brand ambassadornya akan mendapat akses awal untuk direview dan dipakai. Hal ini bertujuan untuk pengenalan pada masyarakat luas sebelum produk diluncurkan dan diedarkan secara luas.

3. Sponsorship

Kemudian cara dapatkan uang jadi influencer selanjutnya yakni sponsorship. Sponsorhip adalah perjanjian pendanaan suatu project atau konten dari pihak influencer terhadap brand atau vendor yang mensponsori. Biasanya sponsorship dilakukan dengan membuat konten sesuai dengan produk yang mensponsorinya. Sebut saja Chandra Liow sang raja sponsorship. Ia sangat sering bahkan hanya membuat konten saat ada sponsorship. Dengan tutorial editingnya, ia menarik audience yang memiliki minat terkait content editing dan menyelipkan sponsorship ditengah kontenya.

4. Google Adsense

Google Adsense merupakan program kemitraan publisher advertisement diamana google akan menampilakan iklan di website atau video youtube kita dengan sistem bagi hasil. Sampai saat ini Google Adsense merupakan program kemtiraan publisher terbaik karna menggunakan sistem yang transparan dan meletakkan Influencer sebagai mitra bukan sebagai pekerja.

Penghasilan dari iklan Google Adsense pun amat bervariasi berdasarkan niche kontennya. Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense menyesuaikan konten dari website atau video tersebut sehingga memberikan presentase konversi yang cukup tinggi. Hal ini menguntungkan semua pihak. Pihak pengiklan diuntungkan karena mendapat traffic atau audience yang memang ia inginkan. Publisher atau influencer dan pihak Google sendiri mendapatkan keuntungan dari bagi hasil.

5. Donasi atau Saweran

Cara dapatkan uang jadi influencer selanjutnya yakni donasi atau saweran. Donasi atau saweran merupakan cara terbaru untuk berinteraksi antara influencer dan penggemar. Tidak seperti live chat yang bergulir sangat cepat, donasi merupakan cara interaksi yang lebih ekslusif. Tidak hanya itu, donasi juga merupakan bentuk dukungan penggemar kepada influencer.

Misal saja Reza Arap yang beberapa saat lalu mendapatkan donasi sebesar 1 Milyar dari fansnya. Selain itu banyak contoh influencer atau live streamer yang melakukan kuis atau voting dengan fitur donasi tersebut. salah satunya Eno Bening yang akhir-akhir ini sering melakukan live streaming dan memiliki julukan bagi donator setianya yakni “Signham Kapitalis”.

Mereka para penggemar tentu tidak keberatan untuk menyisihkan sedikit uang mereka untuk mendukung orang yang mereka idolakan. Mungkin bagi orang awam hal tersebut merupakan bentuk kesia-siaan. Tapi bagi mereka para donatur, idola mereka bisa jadi memberikan contoh atau harapan besar untuk mereka.

6. Jual Merchandise

Cara dapatkan uang jadi Influencer selanjutnya yakni dengan menjual merchandise. Merchandise merupakan barang baik pakaian atau figure yang menunjukkan seseorang merupakan bagian dari suatu komunitas. Banyak sekali influencer terutama dalam dunia content creator dan digital art yang membuat merchandise milik mereka sendiri.

Selain menjadi bentuk keanggotaan suatu komunitas, menjual merchandise juga merupakan bentuk pemanfaatan pasar yang tepat. Dengan berkumpulnya penggemar terhadap satu influencer, tentu mereka memiliki minat serupa. Tinggal bagaimana kita merancang produk yang dapat diterima mayoritas penggemar kita.

7. Jual Produk Sendiri

Menjadi seorang influencer juga berarti memiliki pasar sendiri. Artinya kita bisa membuat dan menjual produk kita sendiri dengan pasar yang memang sudah kita pahami dengan baik. Misalkan saja kita adalah chef ternama dan juga sekaligus seorang influencer. Tentu akan lebih mudah bagi kita mempromosikan restoran baru yang kita dirikan.

Sebut saja Arnold Poernomo yang merupakan salah satu juri master chef. Selain juri masterchef ia juga memiliki channel youtube dan juga sering melakukan kolaborasi bersama youtuber lain. Lalu ia berkolaborasi bersama beberapa orang salah satunya anak presiden kaesang mendirikan restoran bernama Mangkokku. Tidak heran restoran dengan nama baru dibidang kuliner ini langsung melejit naik dan menyaingin restoran – restoran yang sudah lama ada.

Contoh lain yakni bimo picky picks yang berkolaborasi membuat jeans denim x rucas yang berhasil memcahkan rekor muri penjualan tercepat. Yakni 100.000 pieces dalam waktu 1 jam pertama open order. Saking larisnya website tempat ordernya sempat mengalami down.

8. Membuat Show

Cara dapatkan uang jadi influencer selanjutnya yakni dengan membuka show. Sekarang ini kita tidak harus berkolaborasi dengan media seperti TV untuk membuat show. Cukup menyewa satu ball room atau teather room dan basis penggemar yang solid sudah sangat cukup untuk membuat sebuah show. Tapi tentu tidak semua influencer bisa membuat show.

Biasanya show ini hanya bisa dilakukan influencer berbeasis show seperti stand up comedy, penyanyi, DJ atau pesulap. Kita bisa menyaksikan akhir-akhir ini sedang marak standup comedian yang membua tour show nya sendiri. Misal saja Panji Pragiwaksono atau beberapa saat lalu ada Raditya Dika. Mereka melakukan pentas show keliling Indonesia bahkan sampai keliling dunia.

Dan lagi masa pandemic tidak menghalangi mereka untuk membuat show stand up comedy. Masih bisa kita temui stand up comedy tanpa ketemu atau bahkan penjualan digital video tour stand up comedy cerita cintaku sebelum pandemic.

9. Fans Meeting

Fans Meeting merupakan cara dapatkan uang jadi influencer terakhir. Tentu tidak semua orang dapat membuka fans meeting. Biasanya fans meeting ini dilakukan oleh idol-idol dengan tarif tertentu. Kita bisa temui banyak contoh dari boyband asal korea yang memberikan kesempatan untuk meet up online dengan undian dari pembelian albumnya. Atau di Indonesia sendiri, sebelum pandemi, fans fanatik JKT 48 rela membayar hanya untuk berjabat tangan.

Oke saya rasa sekian untuk artikel cara dapat uang jadi influencer kali ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Jika kalian suka dengan artikel kali ini atau kalian memiliki pertanyaan tentang topik terkait, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini!

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday