Apa Bedanya Simpedes dan Britama
Apa Bedanya Simpedes dan Britama

Apa Bedanya Simpedes dan Britama? Lebih Bagus Mana?

Apa bedanya simpedes dan britama? Sebenarnya kedua jenis tabungan tersebut merupakan produk tabungan yang disediakan oleh suatu bank negeri yaitu Bank Rakyat Indonesia atau yang lebih sering dikenal dengan BRI.

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank negeri yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Dengan begitu, BRI membuat beberapa jenis produk tabungan yang berbeda, diantaranya adalah BritAma dan Simpedes.

Apa Itu Tabungan BRI Simpedes?

Tabungan Simpedes merupakan salah satu produk tabungan yang disediakan oleh BRI untuk menunjang keperluan tabungan perbankan masyarakatnya. Simpanan masyarakat dalam bentuk suatu tabungan dengan mata uang rupiah.

Yang dilayani melalui kantor cabang, kantor cabang pembantu, BRI Unit, Teras BRI. Penyetorannya pun dapat dilakukan setiap saat dan frekuensi maupun jumlahnya tidak dibatasi selama memenuhi aturan dan ketetapan yang berlaku.

Apa Itu Tabungan BRI Britama?

Sedangkan tabungan BRI BritAma adalah salah satu produk tabungan dari BRI, yang menyediakan berbagai kemudahan untukl setiap nasabahnya yang didukung dengan layanan e-Banking serta sistem real time online atau RTO.

Yang mana sistem tersebut memungkinkan pengguna atau nasabah untuk mendapatkan kemudahan bertransaksi perbankan kapanpun dan dimanapun. Sistem tersebut yang memungkinkan nasabah menggunakan layanan e-Banking.

Apa Bedanya Simpedes dan Britama?

Dengan disediakannya berbagai jenis produk tabungan di BRI, maka ini bertujuan agar pengguna atau nasabah bisa memilih serta menentukan sendiri penggunaan jenis tabungan yang tersedia pada BRI sesuai dengan kebutuhan setiap nasabah.

Karena pada dasarnya setiap produk tabungan memiliki perbedaan satu dengan lainnya. Contohnya seperti jenis tabungan BritAma dan tabungan Simpedes ini. Lantas apa saja perbedaanya? Berikut ini adalah beberapa poin perbedaannya:

1. Kelebihan BRI Simpedes

Tabungan BRI Simpedes ini memiliki cukup banyak kelebihan, karena memiliki jaringan yang tersebar di indonesia. Para nasabahnya pun memiliki kesempatan atau peluang mendapatkan hadiah undiah uang tunai hingga Miliaran rupiah.

Untuk tabungan BRI Simpedes juga nasabah akan diberikan akses ke ATM dengan diberikannya kartu debit atau ATM. Proses pembukaan rekening Simpedes ini tidaklah sulit, karena bisa dilakukan dengan praktis di seluruh unit kerja BRI.

2. Kelebihan BRI Britama

Sedangkan kelebihan pada tabungan BRI BritAma diantaranya adalah sistem transaksi real time-online atau RTO. Sama-sama memiliki jaringan yang tersebar luas sebanyak 9.500 unit kerja serta menyediakan 15.000 gerai ATM di Indonesia.

BritAma juga memungkinkan setiap nasabahnya memiliki aksesibilitas kartu debit BRI di berbagai jaringan gerai ATM seperti ATM Bersama, Prima, Cirrus, Link dan lainnya. BritAma juga menyediakan gratis cover asuransi kecelakaan diri.

3. Fasilitas BRI Simpedes

Selanjutnya adalah informasi mengenai fasilitas yang dimiliki oleh BRI Simpedes. Pada produk tabungan Simpedes terdapat fasilitas e-Banking mulai dari internet banking BRI, mobile banking BRI, SMS banking notifikasi dan juga lainnya.

Kemudian dalam proses transaksinya pun menggunakan sistem otomatis atau AFT untuk transfer dana Simpedes ke rekening simpanan BRI setiap tanggal tertentu. Serta terdapat Account Sweep untuk transfer dana di unit kerja BRI.

4. Fasilitas BRI Britama

Tidak kalah dengan Simpedes, BRI BritAma ini menyediakan fasilitas yang lebih baik bagi nasabahnya. Karena memiliki aksesibilitas kartu ATM atau debit BRI melalui gerai ATM Bersama, Prima, Cirrus, Mastercard dan juga Maestro.

Kemudian sama-sama memiliki fasilitas e-Banking untuk mempermudah berbagai layanan perbankan secara online bagi setiap nasabahnya. BritAma pun memiliki 3 sistem transaksi berupa AFT, Account Sweep, juga AGF atau Automatic Grab Fund.

5. Syarat Pembukaan Rekening BRI Simpedes

Apa bedanya simpedes dan britama selanjutnya? Yaitu perbedaan dari segi syarat pembukaan akun rekeningnya. Yang mana Simpedes ini memiliki syarat mulai dari KTP dan NPWP, Akta Perubahan Terakhir, dan usia lebih dari 17 tahun.

6. Syarat Pembukaan Rekening Britama

Sedangkan pada pembukaan akun rekening tabungan BritAma tidak terdapat syarat Akta Pendirian, Akta Perubahan Terakhir, dan Dokumen Identitas Pengurus dan usia batasan calon nasabahnya adalah minimal berusia 17 tahun.

7. Biaya Administrasi Simpedes

Dalam biaya administrasi pada kedua produk rekening pun berbeda. Yang mana pada tabungan BRI Simpedes ini calon nasabah wajib menyetor awal pada rekening sebesar Rp.100.000,-.

Untuk biaya administrasi bulanan pun hanyalah sebesar Rp.5.000,- serta terdapat biaya denda jika saldo pada rekening di bawah Rp.50.000,- akan dikenakan denda sebesar Rp.5.000 per bulannya. Transaksi antar cabang sehari yaitu Rp.200 Juta.

8. Biaya Administrasi Britama

Sedangkan biaya setoran awal pada kartu jenis Classic BritAma sebesar Rp.250 Ribu kemudian pada jenis Gold sebesar Rp.500 Ribu. Pada biaya admin perbulannya pun berbeda jika saldo pada rekening tersisa kurang dari Rp.10 Juta.

Jika saldo kurang dari Rp.10 Juta pada Classic BritAma, maka akan dikenakan biaya admin bulanan sebesar Rp.11 Ribu sedangkan pada jenis Gold akan dikenakan biaya admin Rp.12 Ribu nilai yang jauh berbeda dengan Simpedes.

9. Limit Tabungan BRI Simpedes

Perbedaan lainnya pun terdapat pada jumalh limit masing-masing produk tabungan ini. Yang mana jika pada tabungan BRI Simpedes memiliki besaran limit sebagai berikut ini:

  • Tarik tunai sebesar Rp.5 Juta perharinya
  • Transfer sesama BRI Rp.50 Juta perharinya
  • Transfer ke Bank lain Rp.10 Juta perharinya

10. Limit Tabungan BRI Britama

Sedangkan pada jenis produk tabungan BRI BritAma memiliki jumlah limit yang lebih besar. Simak beberapa limitnya di bawah ini:

  • Tarik tunai sebesar Rp.10 Juta perharinya
  • Transfer sesama BRI Rp.100 Juta perharinya
  • Transfer ke Bank lain Rp.20. Juta perharinya

Lebih Bagus BRI Simpedes atau Britama?

Dari pembahasan di atas tadi, maka setiap nasabah bisa memilih dan menentukan menggunakan jenis BritAma ataupun Simpedes. Kembali lagi dengan keperluan setiap nasabah masing-masing.

Untuk penggunaan harian lebih baik menggunakan jenis Simpedes karena biaya-biayanya lebih murah. Namun untuk keperluan bisnis maka menggunakan BritAma karena memiliki jumlah limit lebih besar dibandingkan Simpedes.

Akhir Kata

Sekian informasi mengenai pertanyaan apa bedanya simpedes dan britama yang bisa disampaikan pada artikel ini. Yang mana intinya, dari kedua jenis tabungan tersebut memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Bagikan

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday