Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

7 Cara Membuat Toko Online di Instagram Lengkap [A-Z]

cara membuat toko online di instagram

Cloud Hosting Indonesia

Cara membuat toko online di Instagram sangat mudah. Prosesnya bisa dimulai dari Facebook Manager yang merupakan pusat managing WhatsApp, Instagram dan juga Facebook itu sendiri. Di sana Anda akan menemukan beragam jenis menu yang bisa digunakan untuk membuat toko online Instagram dengan mudah. Bahkan Anda bisa tambahkan produk dari sana.

Instagram merupakan sebuah platform yang sangat besar. Mereka memiliki 500 juta pengguna harian dan 50% dari mereka memfollow setidaknya satu akun bisnis. Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat 92 juta pengguna aktif yang bisa menjadi target market kalian.

Baru-baru ini Instagram melaunching sebuah fitur baru yang bernama Instagram shop. Seperti namanya Instagram shop berisikan berbagai macam produk yang di post oleh berbagai pelaku bisnis. Dengan fitur ini kita bisa menjual berbagai produk di akun Instagram kita.

Selain itu kita juga bisa menjangkau lebih banyak pengguna yang nantinya akan menjadi calon customer potensial kita. Nah, dipostingan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat toko online di Instagram menggunakan fitur Instagram shop. Mari simak caranya!

Langkah Membuat Toko Online di Instagram

Cara bikin toko online di Instagram itu sangat mudah dan sederhana sekali sebenarnya. Berikut ini adalah langkah-langkah cara buat toko online di instagram:

1. Beralih ke Akun Instagram Bisnis atau Kreator

cara membuat toko online di instagram

Untuk membuat toko online di Instagram kita akan mengunakan fitur Instagram shop. Untuk menggunakan fitur tersebut kita perlu terlebih dahulu beralih ke akun bisnis atau kreator. Kita tidak bisa menambahkan produk dengan akun pribadi. Di akun pribadi kita hanya bisa menggunakannya untuk mencari produk yang ingin kita beli. Oleh karena itu kita perlu beralih ke Instagram bisnis atau kreator. Berikut langkah-langkah untuk beralih dari akun pribadi ke akun bisnis atau kreator :

  1. Pertama login terlebih dahulu ke akun Instagram kalian
  2. Klik titik tiga di kanan atas halaman profil kalian
  3. Selanjutnya scroll ke bawah sampai kalian menemukan menu beralih ke profil bisnis
  4. Selanjutnya kalian akan diarahkan untuk menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook. Kalian wajib membuat halaman Facebook atau fanspage terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya kalian akan diminta untuk melengkapi info akun bisnis kalian
  6. Setelah semua proses selesai akun Instagram sekarang sudah beralih menjadi di akun bisnis.

Dengan beralih dari akun personal ke akun bisnis atau kreator kita bisa menggunakan berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis kita. Selain fitur Instagram shop tadi, kita juga dapat menggunakan fitur insight dari Instagram yang akan menunjukkan statistik dari akun kita.

Baca juga: Cara Jualan Online Laris di Whatsapp Efektif

2. Tambahkan Katalog

cara membuat toko online di instagram

Untuk membuat toko online di Instagram, kita perlu membuat katalog terlebih dahulu. Katalog ini merupakan tempat kalian untuk memamerkan barang dagangan. Untuk membuat katalog ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. membuka commerce manager di https://facebook.com/commerce_manager
  2. Jika ini katalog pertama maka klik mulai lalu pilih buat katalog dan klik mulai
  3. Pilih jenis inventaris yang akan di iklankan atau dijual dan klik berikutnya
  4. Untuk menambah katalog terdapat dua metode yakni unggah informasi produk secara manual atau hubungkan platform partner
  5. Setelah kalian membuat katalog atau mengimpor katalog, selanjutnya beri nama katalog tersebut dan klik buat

Selain digunakan untuk Instagram shop katalog ini juga dapat digunakan untuk beriklan di Facebook ads atau digunakan untuk menampilkan produk kita di Facebook store.

3. Minta Peninjauan Akun

cara membuat toko online di instagram

Setelah menghubungkan katalog produk Instagram kita terus meminta peninjauan akun agar dapat menampilkan produk kita di Instagram shop. Peninjauan ini berfungsi untuk memastikan apakah akun kita layak untuk ditampilkan secara publik atau tidak. Untuk melakukan peninjauan akun ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka profil Instagram bisnis kalian lalu klik icon titik tiga di pojok kanan
  2. Pilih setting atau pengaturan
  3. Klik daftar untuk shopping
  4. Selanjutnya ikuti langkah-langkah untuk pengajuan peninjauan akun kalian
  5. Setelah itu kalian hanya tinggal menunggu peninjauan selesai. Kalian bisa melihat perkembangan status kapan pun di menu pengaturan belanja.

Tips selama peninjauan pastikan kalian tidak menggunakan foto profil yang vulgar atau mengandung kekerasan. Pastikan juga kalian tidak mengupload atau memposting video atau foto yang bersifat sensitif.

4. Aktifkan Fitur Belanja

cara membuat toko online di instagram

Setelah akun disetujui kalian sudah berhasil membuat toko online di Instagram dan bisa mulai mengaktifkan fitur shop atau belanja. Jika fitur belanja belum dapat diaktifkan, bisa jadi proses peninjauan akun masih belum selesai.
Jika peninjauan sudah selesai dan akun kalian disetujui kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur belanja atau shop :

  1. Buka profil Instagram kalian, lalu klik di titik 3 pojok kanan atas halaman profil kalian.
  2. Pilih pengaturan atau setting
  3. Klik bisnis lalu ketuk belanja
  4. Pilih katalog produk yang ingin kalian hubungkan ke akun
  5. Terakhir klik selesai


Setelah langkah-langkah diatas selesai maka selamat! Sekarang kamu sudah bisa mulai berjualan

dengan fitur Instagram shop.

Baca juga: Panduan Cara Daftar Menjadi Dropship Tokopedia

5. Mulai Gunakan Label

cara membuat toko online di instagram

Sekarang kalian bisa menambahkan menu shop di akun Instagram kalian. Tapi selain itu kalian juga bisa menambahkan label di foto kalian. Sebagai contoh kalian mengupload sebuah foto seorang model mengenakan tas yang kalian jual. Kalian dapat menyematkan label produk di tas tersebut. Dan saat seseorang mengklik foto tersebut maka akan muncul produk yang kalian sematkan beserta harganya. Untuk menambahkan label kalian bisa mengikuti cara di bawah ini :

  1. Pertama klik tambahkan foto
  2. Tambah keterangan seperti biasa
  3. Di bagian bawah kalian bisa menemukan „labeli produk“
  4. Klik dan cari produk yang ingin kalian sematkan di foto tersebut
  5. Pilih produk dan dan klik selesai
  6. Terakhir kalian bisa membagikan foto kalian seperti biasanya.

6. Gunakan Stiker Belanja di Stories

cara membuat toko online di instagram

Selain fitur sematkan produk kalian juga dapat memanfaatkan fitur stiker belanja di stories. Dengan fitur ini kalian bisa membuat stories tentang produk kalian dan apabila seseorang melakukan klik di stories kalian maka akan muncul tombol see details atau kau lihat lebih lanjut yang akan langsung mengarah ke produk kalian. Untuk menggunakan fitur ini kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Klik ikon stiker di sudut kanan atas
  2. Pilih stiker produk dari baki stiker
  3. Cari dan pilih produk dari katalog yang ingin kalian tampilkan
  4. Sesuaikan posisi stiker sesuai keinginan kalian
  5. Kalian juga bisa mengatur dan merubah warna stiker produk dengan mengetuk stiker tersebut
  6. Terakhir kalian bisa membagikan story seperti biasanya


Nah itu tadi adalah bagaimana cara membuat online shop di Instagram dengan fitur Instagram shop. Berikut ini akan ada beberapa tips untuk membuat toko online di Instagram lebih terpercaya.

Tips Membuat Toko Online di Instagram

cara membuat toko online di instagram

Hal yang paling penting dalam membuat toko online di Instagram adalah membangun kepercayaan konsumen. Oleh karena itu kami merangkum beberapa tips dibawah ini untuk kalian coba.

1. Buat Nama yang Simpel dan Mudah Diingat

Biasanya sebelum seseorang membeli suatu produk secara online mereka akan melakukan riset terlebih dahulu. Mula-mula mereka akan membuka berbagai macam situs atau toko online yang bisa mereka jangkau. Dengan membuat nama yang simple setelah reset bisa jadi mereka akan kembali lagi ke akun Instagram kita. Sebaliknya jika akun Instagram kita susah diingat bisa jadi mereka tidak akan kembali.

2. Buat Logo yang Professional

dalam membuat toko online di Instagram Logo yang profesional menjadi salah satu bukti bahwasanya toko online kita merupakan toko online yang proper dan profesional. Selain itu calon customer juga melihat foto atau logo kita sebagai identifikasi untuk mengingat akun Instagram kita. Tentu kita tahu di luar sana banyak akun yang memiliki nama serupa.

3. Desain Feed Instagram yang Bersih dan Rapih

Desain feed Instagram yang bersih dan rapi menjadi salah satu bentuk profesionalitas, juga memberikan ruang untuk calon customer melihat barang atau produk kita secara lebih jelas.

4. Update Setiap Hari

Algoritma Instagram memprioritaskan akun akun yang aktif dan membangun content. Instagram akan seringkali merekomendasikan akun yang relevan untuk penggunaannya. Dengan upload setiap hari maka kita menambah calon customer potensial yang akan datang ke akun Instagram kita.

5. Gunakan Hashtag

Hastag merupakan sebuah fitur untuk menjelajahi kategori konten secara spesifik. Biasanya Hashtag juga bisa menjadi penanda dari kategori suatu foto atau video. Dengan menambahkan hashtag kita memberikan label yang lebih spesifik sehingga dapat menjangkau calon customer yang lebih luas.

6. Coba Beriklan

Setelah Instagram melakukan beberapa kali update algoritma, cara-cara lama untuk meningkatkan followers atau engagement tidak lagi efektif. Hal ini dikarenakan orientasi Instagram adalah profit. Tentu Instagram atau Facebook akan memprioritaskan pengiklan terlebih dahulu. Tidak ada salahnya untuk beriklan di Facebook atau Instagram untuk menambah dan memperluas cakupan Audience.

Baca juga: Cara Jualan di Marketplace FB

Nah itu tadi adalah artikel tentang bagaimana cara membuat toko online di Instagram. Jika kalian memiliki beberapa pertanyaan silakan tinggalkan komen di bawah ini. Oke sekian untuk artikel kali dan semoga bermanfaat.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Arjun Idam Zahara Saya Arjun Idam Zahara, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, NIM: 18020094027. Dari Desa Sambungrejo Rt 01 Rw 01 Kec. Sukodono kab. Sidoarjo Jawa Timur 61258

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday